Iran Hadapi Jepang di Semifinal Piala Asia 2019

CNN Indonesia | Jumat, 25/01/2019 01:03 WIB
Iran Hadapi Jepang di Semifinal Piala Asia 2019 Timnas Jepang akan bertemu Iran di babak semifinal piala Asia 2019. (REUTERS/Thaier Al-Sudani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim Nasional Iran akan menghadapi Jepang di babak semifinal Piala Asia 2019 yang digelar di Stadion Hazza bin Zayyed, Senin (28/1).

Dalam pertandingan perempat final yang dilaksanakan di Stadion Mohammad bin Zayed, Kamis (24/1), Iran mengalahkan China 3-0.

Iran langsung unggul 2-0 di babak pertama berkat gol Mehdi Taremi pada menit ke-18 memanfaatkan assist Sardar Azmoun.


Gol Taremi itu tercipta dari kesalahan lini belakang China yang gagal mengamankan bola dengan baik. Bola itu pun berhasil dicuri Azmoun dan langsung diberikan kepada Taremi yang tanpa pengawalan.


Di menit ke-31 Iran menambah keunggulan melalui kaki Azmoun. Gol itu terjadi lagi-lagi karena kesalahan bek China yang tidak bisa membuang bola. Tidak saja mencuri bola, Azmoun juga sukses melewati adangan kiper Yan Junling sebelum mencetak gol.

Kendati demikian wasit Abdulrahman Al Jassim sempat menunda mengesahkam gol itu lantaran Azmoun diduga lebih dulu melakukan pelanggaran kepada Yiming Liu. Namun setelah meninjau VAR Al Jassim memutuskan gol Azmoun sah.

China bukan tanpa peluang. Pada menit ke-48 Tim Negeri Tirai Bambu itu mencoba memperkecil kedudukan. Hanya saja sundulan Gao Lin masih melebar dari gawang lawan.

Iran mencoba memperlebar keunggulannya pada menit ke-60. Akan tetapi sepakan kaki kiri Haji Safi ke arah tiang jauh bisa ditepis kiper Yan Juling.

Di masa injury time Team Melli sukses menambah skor menjadi 3-0 berkat gol Karim Ansarifard memanfaatkan umpan Taremi sekaligus lolos ke semifinal Piala Asia 2019. Di semifinal yang akan digelar Senin (28/1), Iran akan menghadapi Jepang yang menang 1-0 atas Vietnam di Stadion Al Maktoum.

Iran Hadapi Jepang di Semifinal Piala Asia 2019Timnas Iran kalahkan China di babak perempat final Piala Asia 2019. (REUTERS/Murad Sezer)

Jepang Menang Tipis

Jepang berhasil lolos ke babak semifinal Piala Asia AFC 2019 setelah berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 1-0.

Wasit menggunakan dua kali bantuan Video Assistant Referee (VAR) dalam laga yang digelar di Dubai tersebut. VAR pertama kali digunakan di laga tersebut saat wasit menganulir gol pemain Jepang Maya Yoshida pada menit ke-24 karena pelanggaran handball.

Sementara VAR kedua digunakan pada babak kedua di menit ke-56 ketika pemain Vietnam Bui Tien Dung mencoba 'menjegal' pemain Jepang Ritsu Doan di kotak penalti.

Keputusan wasit Mohammed Abdullah Mohammed untuk memberi hadiah penalti mampu dimanfaatkan Doan menjadi gol di menit ke-57. Skor 1-0 bertahan hingga laga usai.

Jepang menjadi tim yang mendominasi mutlak jalannya laga. Mereka meraih hingga 68 persen penguasaan bola dan lepaskan 11 tembakan. Sementara Vietnam hanya mendapat 32 persen penguasaan bola. dengan berhasil lancarkan 12 tembakan yang empat di antaranya tepat sasaran.

Kekalahan tersebut harus membuat Vietnam mengakhiri mimpi negara Asia Tenggara itu untuk melaju lebih jauh di Piala Asia, sedangkan Jepang mengincar gelar AFC kelima mereka.

(sry/DAL)