Bintang MotoGP Operasi Plastik dan Kemudian Cedera

CNN Indonesia | Kamis, 14/02/2019 11:54 WIB
Bintang MotoGP Operasi Plastik dan Kemudian Cedera Andrea Iannone (kanan) menjalani operasi plastik untuk mengubah bentuk rahang. (CNN Indonesia/Haryanto Tri Wibowo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyebab pebalap Aprilia Andrea Iannone absen di hari terakhir tes pramusim MotoGP 2019 di Sirkuit Internasional Sepang, pekan lalu, akhirnya terkuak. Iannone mengalami cedera setelah menjalani operasi plastik untuk mengubah bentuk rahang.

Iannone hanya menyelesaikan 75 lap hingga hari kedua tes pramusim di Sepang. Pebalap asal Italia itu kemudian absen di hari ketiga, Jumat (8/2), dan posisinya digantikan Bradley Smith.

Sebelumnya tidak diketahui apa penyebab Iannone absen di hari terakhir. Namun, MCN mengabarkan Iannone absen karena cedera yang cukup aneh.


Iannone mengalami infeksi di bagian mulut setelah menjalani operasi plastik pada akhir 2018. Mantan pebalap Suzuki dan Ducati itu melakukan operasi plastik untuk mengubah bentuk rahang.

Andrea Iannone salah satu pebalap MotoGP yang mementingkan penampilan.Andrea Iannone salah satu pebalap MotoGP yang mementingkan penampilan. (AFP PHOTO / KARIM JAAFAR)
Absennya Iannone di hari terakhir dikabarkan membuat Aprilia tidak senang. Terlebih cedera yang dialami pebalap 29 tahun itu bukan dikarenakan masalah balapan, melainkan karena masalah operasi plastik.

Meski begitu, Aprilia tetap mendapat kabar bagus setelah Aleix Espargaro berhasil menempati posisi ketujuh pada tes hari terakhir. Pebalap asal Spanyol itu terpaut 0,783 detik dari Danilo Petrucci (Ducati) yang menjadi pebalap tercepat.

Espargaro sendiri memuji kesigapan Smith yang musim ini ditunjuk sebagai pebalap tes Aprilia.

"Saya tidak mengira dia pria yang rendah hati. Setiap malam dia menghabiskan waktu dua jam untuk melihat data saya. Ketika Iannone tidak bisa tampil, hanya dalam waktu tiga menit dia sudah ada di garasi, mengenakan baju balap, dan bilang, 'Apa yang kalian inginkan saya untuk mencobanya?" ucap Espargaro.

Iannone direkrut Aprilia setelah kontraknya tidak diperpanjang Suzuki. Seri pertama MotoGP 2019 akan digelar di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, 10 Maret mendatang. (har/ptr)