Fakta Aneh: Ezra Tak Bisa Main, Chappuis Bisa Bela Thailand

CNN Indonesia | Jumat, 22/03/2019 11:38 WIB
Fakta Aneh: Ezra Tak Bisa Main, Chappuis Bisa Bela Thailand Charyl Chappuis pernah jadi juara Piala Dunia U-17 bersama Swiss dan kemudian membawa Thailand memenangkan Piala AFF. (AFP PHOTO/MOHD RASFAN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Peristiwa Ezra Walian tak bisa membela Timnas Indonesia U-23 di kualifikasi Piala Asia U-23 2020 membuat banyak pihak bertanya tentang keputusan FIFA, termasuk merujuk status Charyl Chappuis yang pernah membela Swiss dan Thailand.

Keinginan Ezra Walian untuk tampil membela Timnas Indonesia U-23 terbentur statuta FIFA. Ezra Walian sudah pernah membela timnas Belanda U-17 pada 2013 dan kemudian juga tidak memenuhi syarat pengecualian karena baru mengajukan proses naturalisasi pada 2017.

Sementara menurut statuta FIFA, sang pemain harus sudah memiliki kewarganegaraan asosiasi yang ia ingin bela, saat pemain tersebut pernah membela asosiasi sebelumnya, baik sebagai pemain pengganti ataupun pemain inti.


Terbenturnya status Ezra kemudian memunculkan perbandingan dengan Charyl Chappuis. Ezra dianggap bisa membela Timnas Indonesia U-23 bila FIFA selama ini membolehkan Chappuis berkiprah di timnas Thailand.

Chappuis lahir di Kloten, Swiss. Ia kemudian besar di Swiss hingga memperkuat timnas Swiss dari berbagai kelompok umur mulai dari 2006 hingga 2011. Torehan terbaiknya adalah menjadi juara Piala Dunia U-17 pada 2009.

Ezra Walian terbentur statuta FIFA.Ezra Walian terbentur statuta FIFA. (Dok. PSSI)
Menurut peraturan di Thailand, seorang anak-anak Thailand yang lahir dari warga negara Thailand di luar negeri berhak memiliki kewarganegaraan ganda, namun hanya hingga dirinya berusia 18 tahun. Setelah itu, ia diharuskan untuk memilih.

Menilik catatan transfermarkt, Chappuis yang lahir pada 12 Januari 1992 masih tetap membela timnas Swiss U-20 pada 2011. Itu berarti Chappuis sudah berusia 19 tahun 8 bulan.

Chappuis sempat tidak bisa membela timnas Thailand pada kualifikasi Piala Asia di Libanon pada 2013. Namun kemudian Chappuis bisa mendapat paspor Thailand dan bermain di sejumlah turnamen serta meraih gelar juara. Selain di SEA Games dan Asian Games, Chappuis juga membela Thailand dalam kualifikasi Piala Dunia 2018.

Ezra Tak Bisa Bela Timnas U-23, Pemain Thailand Jadi Rujukan
Situasi Ezra Walian dan Chappuis terbilang serupa. Ezra sendiri sudah sempat membela Timnas Indonesia di laga persahabatan resmi lawan Myanmar dan juga bermain di ajang SEA Games.

Ezra Walian ikut pemusatan latihan untuk kualifikasi Piala Asia U-23 2020 dan kemudian tetap berada dalam rombongan 24 pemain sebelum akhirnya disebut tidak bisa didaftarkan ke AFC.

[Gambas:Video CNN] (ptr/har)