Head to Head Jelang Myanmar vs Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Senin, 25/03/2019 10:42 WIB
<i>Head to Head</i> Jelang Myanmar vs Timnas Indonesia Timnas Indonesia akan menjajal kemampuan Myanmar dalam laga uji coba. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia akan menghadapi timnas Myanmar dalam laga uji coba internasional di Stadion Mandalar Thiri, Mandalay, Myanmar, Senin (25/3). Jelang laga ini Tim Merah Putih memiliki catatan yang cukup positif.

Dari empat pertemuan terakhir sejak 2015, Timnas Indonesia berhasil meraih dua kemenangan, satu hasil imbang, dan menelan satu kekalahan.

Pada 30 Maret 2015, Timnas Indonesia yang diasuh Benny Dolo menang tipis 2-1 dalam laga uji coba yang berlangsung di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Dua gol dari Raphael Maitimo dan Cristian Gonzales hanya bisa dibalas David Htan.


Setahun berselang kedua tim kembali bertemu di Stadion Thuwunna, Yangon. Timnas Indonesia yang kali ini diarsiteki Alfred Riedl hanya bisa bermain imbang tanpa gol.

Myanmar kembali jadi lawan uji coba yang dipilih PSSI untuk Timnas Indonesia yang berisikan mayoritas pemain U-23 pada 2017. Namun, Timnas Indonesia harus menelan kekalahan 1-3 dari Myanmar dalam laga debut Luis Milla di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Rekor Pertemuan: Timnas Indonesia Dominan Atas MyanmarTimnas Indonesia berhasil meraih dua kemenangan dan satu hasil imbang dalam laga uji coba sebelum melawan Myanmar. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
Tim yang dipersiapkan untuk SEA Games 2017 sebenarnya unggul lebih dahulu lewat gol Ahmad Nur Hardianto. Namun, keadaan berbalik sehingga Myanmar bisa mencetak tiga gol melalui Maung Maung Lwin, penalti Kyaw Ko Ko, dan gol penutup dari Si Thu Aung.

Rekor Pertemuan: Timnas Indonesia Dominan Atas Myanmar
Timnas Indonesia kemudian berhasil melakukan revans dalam laga uji coba di Stadion Wibawa Mukti, 10 Oktober 2018. Diperkuat tiga pemain naturalisasi, Stefano Lilipaly, Esteban Vizcarra, dan Beto Goncalves, Tim Merah Putih menang 3-0.

Beto mencetak gol yang membuka kemenangan Timnas Indonesia. Setelah itu winger Persebaya Surabaya, Irfan Jaya, memborong dua gol yang membuat tim asuhan Bima Sakti menang tiga gol tanpa balas.

Laga uji coba melawan Myanmar akan menjadi debut di laga kompetitif bagi Simon McMenemy. Pelatih asal Skotlandia itu sebelumnya sudah memimpin Timnas Indonesia saat menang atas Perth Glory 3-1, All Star Liga 2 Australia 5-1, dan bermain imbang 1-1 kontra Bali United.

Total dikutip dari 11 vs 11, Timnas Indonesia sudah 15 kali bertemu Myanmar di level internasional. Dari 15 pertemuan itu tim Garuda berhasil meraih tujuh kemenangan, tiga hasil imbang, dan lima kali kalah. (jal/har)