Beda Sikap Ronaldo dan Neymar Soal Israel

CNN Indonesia | Kamis, 04/04/2019 17:37 WIB
Beda Sikap Ronaldo dan Neymar Soal Israel Cristiano Ronaldo berbeda sikap dengan Neymar soal Israel. (AFP PHOTO / GABRIEL BOUYS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sikap Neymar menerima undangan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menuai kritikan keras dari netizen di media sosial.

Penyerang Paris Saint Germain (PSG) asal Brasil ini pun dikaitkan dengan Cristiano Ronaldo yang disebut beda sikap soal Israel.

Ronaldo pernah dijadikan simbol perlawanan terhadap Israel setelah sikapnya menolak bertukar kaus dengan salah satu pemain negara Zionis.


Tepatnya usai kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa Grup F yang berakhir imbang 3-3 di Stadion Ramat Gan, beredar video Ronaldo tidak menggubris permintaan bek Israel Yuval Shpungin.

Beda Sikap Ronaldo dan Neymar Soal IsraelCristiano Ronaldo pernah menolak bertukar kaus dengan pemain timnas Israel. (OSCAR DEL POZO / AFP)
Ronaldo melewati begitu saja saat Shpungin menunjukkan gesture untuk meminta pertukaran jersey dengannya. Sikap penyerang yang kini merumput di Juventus itu disebut-sebut sebagai bentuk penolakan CR7 terhadap Israel yang kerap melakukan agresi ke wilayah Palestina.

Dua tahun setelah itu, Ronaldo semakin menunjukkan rasa solidaritas terhadap masyarakat Palestina yang terus mendapat tekanan dari Israel. Bentuk kepedulian Ronaldo adalah mengundang bocah Palestina yang menjadi korban sayap kanan Israel, Ahmad Dawabsheh, ke Spanyol pada 13 Maret 2016.


Ronaldo sempat memberikan tanda tangannya ke kostum replika Real Madrid yang dikenakan Dawabsheh dan bola sepak. Dawabsheh yang kehilangan kedua orang tuanya karena serangan 31 Juli 2015 juga sempat foto bersama dengan bintang asal Portugal itu.

Meski demikian, Ronaldo pernah dikritik netizen lantaran menjadi bintang iklan salah satu perusahaan internet asal Israel.

Beda Sikap Ronaldo dan Neymar Soal Israel
Sementara itu Neymar mendapat kritikan keras karena menyatakan kesediaan menerima undangan yang diungkapkan Netanyahu saat kunjungan Presiden Brasil, Jair Bolsonero, awal pekan ini di Yerusalem.

"Tolong datang ke Israel, kalian berdua diundang. Neymar dan Medina, bawa semua orang bersama kalian ke Israel. Yerusalem menunggu kalian," ucap Netanyahu dalam video yang diunggah melalui akun Twitter Bolsonaro.

Neymar kemudian menyambut antusias undangan itu dan berjanji akan datang ke Yerusalem.

Sejumlan netizen menyebut sikap Neymar itu sebagai sampah dan tak sensitif terhadap aksi agresi Israel ke Palestina yang kembali dilancarkan tahun ini.

Video Ronaldo menolak tukar kostum dengan pemain Israel bisa dilihat dalam unggahan FutbalStarsHD melalui YouTube di bawah ini:

[Gambas:Youtube] (bac/har)