Klub Inggris Dominasi Eropa, Pemain Lokal Masih Minoritas

CNN Indonesia | Jumat, 10/05/2019 09:19 WIB
Klub Inggris Dominasi Eropa, Pemain Lokal Masih Minoritas Dele Alli menjadi salah satu pemain lokal di Tottenham Hotspur. (Reuters/Andrew Couldridge)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di tengah dominasi klub-klub Inggris di kancah Eropa, pemain-pemain lokal belum mendapat porsi banyak di tim utama Tottenham Hotspur, Liverpool, Chelsea, dan Arsenal.

Keberhasilan Tottenham dan Liverpool melangkah ke final Liga Champions yang diikuti Chelsea dan Arsenal di ajang Liga Europa membuat Inggris menguasai Eropa.

Namun para pemain-pemain Inggris masih belum mampu mendominasi tim utama masing-masing klub tersebut. Dari empat klub yang ada di final-final kompetisi Eropa itu Arsenal memiliki pemain lokal paling banyak.


Dari 46 pemain yang terdaftar, manajer Unai Emery membawa 20 pemain asal Inggris. Namun mayoritas di antara pemain-pemain lokal tersebut hanya menjadi penghias dalam daftar yang diserahkan ke UEFA.

Klub Inggris Dominasi Eropa, Pemain Lokal Masih MinoritasJordan Henderson menjadi salah satu dari sedikit pemain Inggris yang mendapat kesempatan bermain reguler di tim utama. (REUTERS/Miguel Vidal)
Hingga babak semifinal hanya delapan orang pemain Inggris yang diturunkan Emery, sementara 12 pemain yang tidak mendapat menit bermain merupakan pemain akademi.

Pemain-pemain Inggris yang bermain di Liga Europa pun tidak mendapat menit bermain yang cukup banyak. Ainsley Maitland-Niles, yang bermain sembilan kali, tercatat sebagai pemain lokal paling sering diturunkan Emery.

Klub Inggris Dominasi Eropa, Pemain Lokal Masih Minoritas
Chelsea yang menjadi lawan Arsenal membawa delapan pemain Inggris dalam daftar 27 pemain di Liga Europa. Dari delapan pemain tersebut hanya empat yang mendapat kesempatan bermain dari Maurizio Sarri, yakni Ruben Loftus-Cheek, Ross Barkley, Callum Hudson-Odoi, dan Gary Cahill.

Sementara Tottenham yang mendaftarkan 30 pemain di Liga Champions, hanya memainkan separuh pemain lokal dari 14 yang dibawa Mauricio Pochettino. Selain Harry Kane dan Harry Winks yang mengalami cedera, terdapat nama-nama seperti Dele Alli, Kieran Trippier, dan Danny Rose.

Liverpool yang membawa 33 pemain dalam Liga Champions menampilkan 12 pemain Inggris dalam daftar skuat dan baru memainkan enam di antaranya, seperti Joe Gomez, Trent Alexander-Arnold, James Milner, Jordan Henderson, Adam Lallana, dan Daniel Sturridge. (nva/jal)