Rossi: MotoGP Italia Salah Satu yang Terburuk

CNN Indonesia | Senin, 03/06/2019 07:50 WIB
Rossi: MotoGP Italia Salah Satu yang Terburuk Valentino Rossi tampil buruk di MotoGP Italia 2019. (REUTERS/Ibraheem Al Omari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Yamaha, Valentino Rossi, mengaku balapan MotoGP Italia 2019 salah satu yang terburuk dalam kariernya usai gagal finis di Sirkuit Mugello, Minggu (2/6) waktu setempat.

Sinyal Rossi bakal mengalami kesulitan sudah tercium sejak sesi tes bebas ketiga hingga babak kualifikasi. The Doctor kemudian hanya bisa memulai lomba dari posisi ke-18.

Saat berlangsungnya lomba, Rossi sempat berada di posisi ke-16 sebelum akhirnya bersenggolan dengan pebalap Suzuki, Joan Mir, di lap kelima. Benturan itu membuat keduanya harus keluar lintasan dan Rossi harus rela turun ke posisi ke-21.


Di lap kedelapan, Rossi kehilangan kendali saat memasuki tikungan kesembilan dan kemudian terjatuh. Untuk pertama kalinya musim ini, Rossi gagal finis saat balapan.

Rossi: MotoGP Italia Salah Satu yang TerburukValentino Rossi untuk pertama kalinya gagal finis di balapan MotoGP 2019. (Claudio Giovannini/ANSA via AP)
"Ini akhir pekan yang sulit, salah satu yang terburuk karena kami tidak pernah benar-benar cepat," ujar Rossi seperti dikutip dari Crash.

"Saya kehilangan segalanya saat bersenggolan dengan Mir karena saya coba melewati tetapi kami mengalami benturan dan keluar dari lintasan. Saya kemudian jatuh di Arrabbiata 2 dan ini sangat sulit," ia melanjutkan.

Secara keseluruhan, Rossi melihat motor yang ditungganginya tidak optimal, baik itu di trek lurus maupun saat melakukan akselerasi. Rossi menilai sulit melakoni balapan dengan kondisi yang tidak menguntungkan buat dirinya.
Rossi: MotoGP Italia Salah Satu yang Terburuk
"Ini perbedaan yang besar, benar-benar suatu masalah. Juga dalam hal akselerasi, dari satu tikungan ke tikungan lain. Kami menderita," tuturnya.

"Ini bukan hanya soal kecepatan maksimum, tetapi juga akselerasi. Sekarang jaraknya cukup besar."

Dari enam seri balapan MotoGP 2019 yang telah digelar, Rossi baru dua kali naik podium. Ia finis kedua di MotoGP Argentina dan mengulangi catatan serupa saat balapan di MotoGP Amerika Serikat.

Rossi saat ini berada di posisi kelima klasemen pebalap dengan 72 poin. Ia terpaut 43 poin dari pebalap Honda, Marc Marquez, yang berada di puncak. (jal/jal)