Jiwa Kepemimpinan Ronaldo Lebih Oke dari Messi

CNN Indonesia | Rabu, 05/06/2019 12:25 WIB
Jiwa Kepemimpinan Ronaldo Lebih Oke dari Messi Jiwa kepemimpinan Cristiano Ronaldo dianggap lebih baik dari Lionel Messi. (AFP PHOTO/Gabriel BOUYS and Lluis GENE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda Juventus Antonio Cabrini menilai jiwa kepemimpinan Cristiano Ronaldo lebih baik daripada bintang Barcelona Lionel Messi.

Ronaldo memilih meninggalkan Real Madrid untuk mencicipi tantangan di Serie A bersama Juventus pada 2018. Penyerang asal Portugal itu pun sukses mencatat 28 gol dari 43 pertandingan di semua ajang pada musim debutnya.

Sementara Messi sukses memboyong sepatu emas Eropa dengan torehan 51 gol di semua kompetisi. Namun, ia melakukannya bersama Barcelona, klub profesional pertama yang dibelanya hingga kini.


Cabrini menilai Ronaldo punya jiwa kepemimpinan yang lebih bagus dari Messi. Terbukti dengan produktivitas yang terjaga di setiap klub yang diperkuatnya.

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi terus bersaing raih Ballon d'Or.Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi terus bersaing raih Ballon d'Or. (AFP PHOTO/Josep LAGO)
"Pendapat pribadi saya adalah Cristiano Ronaldo lebih baik dari Messi, tetapi terutama dalam hal kepemimpinan," kata Cabrini seperti dikutip Marca.

"Cristiano telah terbukti menjadi pemimpin sejati dalam banyak kesempatan dan tidak hanya di lapangan. Dia adalah pemimpin dalam hidup sebaik penampilannya di olahraga."

Ronaldo juga tercatat lebih baik dari Messi di ajang internasional. Pesepakbola yang identik dengan CR7 sudah merasakan trofi Piala Eropa 2016 bersama Portugal. Sementara Messi masih belum mampu mempersembahkan gelar di timnas Argentina.

Jiwa Kepemimpinan Ronaldo Lebih Oke dari Messi
"Dengan segala hormat kepada Messi, ada beberapa kegagalan yang terjadi dalam karier internasionalnya. Ketika berbicara tentang dua pemain hebat dan saya pikir kita semua bisa sepakat soal ini," ujar Cabrini. (jun/jun)