4 Tim Unggulan di Copa America 2019

CNN Indonesia | Kamis, 13/06/2019 09:16 WIB
4 Tim Unggulan di Copa America 2019 Timnas Argentina masuk ke dalam salah satu unggulan di Copa America 2019. (REUTERS/Agustin Marcarian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Copa America 2019 bakal diperebutkan 12 negara peserta. Berikut empat tim unggulan di ajang tersebut.

Copa America 2019 bakal dimulai pada 14 Juni hingga 7 Juli. Dari 12 negara peserta, ada empat negara yang berada di baris terdepan untuk merebut gelar juara, yaitu Brasil, Argentina, Uruguay, dan Chile.

Berikut profil empat negara unggulan di Copa America 2019:


1. Brasil

Timnas Brasil adalah salah satu favorit juara di Copa America kali ini. Status tuan rumah plus materi tim yang hebat jadi modal utama bagi Selecao untuk bersinar di Copa America kali ini.

Tim Samba punya materi tim komplet dari lini belakang hingga lini depan. Di belakang, Brasil punya Alisson Becker dan Ederson.

Mereka akan dilindungi oleh Thiago Silva, Marquinhos, dan Dani Alves. Lini tengah Brasil juga kaya akan pemain bintang macam Fernandinho, Casemiro, hingga Philippe Coutinho.

Variasi di lini depan makin berwarna dengan keberadaan Gabriel Jesus, Roberto Firmino, hingga Richarlison. Ketiadaan Neymar tidak akan berpengaruh besar dan justru bisa membuat Brasil memiliki lebih banyak variasi serangan.
Gabriel Jesus jadi salah satu andalan di lini depan.Gabriel Jesus jadi salah satu andalan di lini depan. (REUTERS/Waleed Ali)

2. Argentina

Timnas Argentina datang ke Brasil dengan mengusung misi menghapus dahaga gelar yang sudah berlangsung dua dekade. Albiceleste terakhir kali jadi juara pada sebuah turnamen pada Copa America 1993.

Lionel Messi kembali dapat sorotan lantaran Copa America 2019 bisa jadi turnamen resmi terakhir Messi bersama Argentina. Messi dibayangi oleh kegagalan di empat final bersama Argentina dan tekanan itu yang harus bisa diatasi oleh Messi dan kawan-kawan.

Angel Di Maria, Sergio Aguero, hingga Paulo Dybala diharapkan bisa membantu meringankan beban Messi.

Lionel Scaloni harus menemukan skema bermain yang tidak mudah terbaca lawan alias mereka harus menghindari pasokan bola yang terlalu sering ke arah Messi.
Lionel Messi mendapat beban besar di Copa America 2019.Lionel Messi mendapat beban besar di Copa America 2019.  (REUTERS/Agustin Marcarian)

3. Uruguay

Uruguay tidak bisa diremehkan dalam perburuan titel juara Copa America 2019. Uruguay bakal bertumpu pada pemain senior macam Luis Suarez, Diego Godin, Fernando Musulera, hingga Edinson Cavani.

Deretan pemain tersebut merupakan jaminan ketenangan dan kekuatan mental yang bakal dibawa Uruguay di laga ini.

Selain itu, Uruguay juga punya tenaga muda pada diri Rodrigo Bentancur, Jose Gimenez, hingga Lucas Toreira yang bisa jadi penyeimbang tim.
Luis Suarez dan Edinson Cavani bakal jadi senjata mematikan milik Uruguay.Luis Suarez dan Edinson Cavani bakal jadi senjata mematikan milik Uruguay. (REUTERS/Carlos Barria)


4. Chile


Chile tidak bisa dipandang remeh dalam Copa America 2019. Mereka adalah juara bertahan di dua edisi terakhir. Chile adalah tim yang sukses mengubur mimpi Argentina yang memiliki tim bertabur bintang dua kali beruntun.

Dua bintang Chile, Alexis Sanchez dan Arturo Vidal bakal ditantang untuk membuktikan kemampuannya di tengah musim sulit yang mereka jalani.

Timnas Chile berstatus sebagai juara bertahan.Timnas Chile berstatus sebagai juara bertahan.  (REUTERS/Brad Penner-USA TODAY Sports)

Sanchez dan Vidal lebih sering diparkir di bangku cadangan di Manchester United dan Barcelona. Namun di Chile, mereka tentu akan jadi pilihan utama untuk menggedor pertahanan lawan. (ptr/bac)