Virgil van Dijk Banyak Bicara di Liverpool

CNN Indonesia | Minggu, 16/06/2019 03:23 WIB
Virgil van Dijk Banyak Bicara di Liverpool Virgil van Dijk langsung menempatkan diri sebagai salah satu pemimpin di ruang ganti Liverpool. ( REUTERS/Susana Vera)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bek kiri Liverpool, Andy Robertson mengakui bahwa Virgil van Dijk memberikan pengaruh besar sejak kedatangannya ke Liverpool. Van Dijk juga tak sungkan untuk bertindak sebagai salah satu pemimpin Liverpool meski masih jadi pemain baru.

Liverpool sejak lama berusaha keras mendatangkan Van Dijk dari Southampton. Butuh usaha keras dan perjalanan panjang dari Liverpool hingga akhirnya mereka bisa merekrut Virgil van Dijk di pertengahan musim 2017/2018.

Setelah van Dijk datang,Liverpool langsung merasakan perubahan signifikan. Sebagai pemain anyar, Van Dijk tidak sungkan untuk langsung mengambil peran penting.


Dampak kehadiran Van Dijk langsung terasa signifikan. Lini belakang Liverpool yang kerap disebut sebagai titik lemah kini justru menjelma jadi salah satu lini belakang terbaik di Eropa.
Virgil van Dijk punya peran penting di balik sukses Liverpool musim ini.Virgil van Dijk punya peran penting di balik sukses Liverpool musim ini. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)
"Menurut pendapat saya, dia membawa segalanya. Dia adalah salah satu pemimpin di dalam ruang ganti, dia sosok yang sangat vokal."

"Dia juga sosok yang begitu dicintai di luar lapangan. Van Dijk punya peran krusial atas apa yang kami lakukan sejauh ini," kata Robertson seperti dikutip dari Mirror.

Robertson bahkan meyakini bahwa Van Dijk bisa memberikan dampak positif pada pemain-pemain di sekelilingnya.

"Rekan setim Van Dijk menjadi sangat terbantu. Joel Matip tampil luar biasa ketika dibutuhkan musim ini. Joe Gomez juga menunjukkan kelas berbeda di awal musim. Dejan Lovren juga meningkatkan kualitasnya."

Virgil van Dijk Banyak Bicara di Liverpool
"Kerja sama di lini tengah sangat bagus musim ini. Virgil mendapat banyak pujian dan dia memang ada di level yang berbeda dibandingkan pemain lainnya musim ini. Apa yang ia tunjukkan di dalam maupun luar lapangan terasa spesial," ucap Robertson.

Van Dijk menjalani musim yang luar biasa di 2018/2019. Selain membawa Liverpool juara Liga Champions, Van Dijk juga terpilih sebagai pemain terbaik Liga Inggris. Ditambah keberhasilannya membawa Belanda jadi runner up UEFA Nations League, Van Dijk dianggap sebagai salah satu calon kuat peraih gelar Ballon d'Or musim ini. (ptr/ptr)