Gurauan Rossi Usai Dibuntuti Marquez di Kualifikasi MotoGP

CNN Indonesia | Minggu, 16/06/2019 09:15 WIB
Gurauan Rossi Usai Dibuntuti Marquez di Kualifikasi MotoGP Valentino Rossi mengaku tak masalah dibuntuti Marc Marquez di sesi kualifikasi MotoGP Catalunya. (Claudio Giovannini/ANSA via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Valentino Rossi mengaku tidak masalah dibuntuti dan diikuti oleh Marc Marquez pada kualifikasi MotoGP Catalunya. Bahkan Rossi sempat bergurau tentang momen tersebut.

Yamaha berhasil menunjukkan performa bagus dengan menempatkan empat pebalap di posisi start enam besar. Pada babak kualifikasi, Marquez bahkan terlihat mempelajari jalur laju di lintasan yang dipilih Rossi di MotoGP Catalunya.

Strategi Marquez berhasil karena ia sukses start di posisi kedua sedangkan Rossi start di posisi keempat, itu pun terjadi setelah Maverick Vinales dihukum turun ke posisi enam di start.


"Marquez bukan hanya cepat, namun ia juga pintar. Dia tahu siapa yang harus diikuti, dia mempelajari rival dan menghitung seluruh gerakan."

Gurauan Rossi Usai Dibuntuti Marquez di Kualifikasi MotoGPMarc Marquez akan memulai lomba dari posisi kedua di MotoGP Catalunya. (AP Photo/Antonio Calanni)
"Ketika dirimu melihat Marquez di belakangmu, dia tidak akan memberikanmu pilihan. Kamu bisa terus melanjutkan dengan membiarkan dirinya di belakangmu atau kamu malah kemudian kehilangan catatan lap. Saya memutuskan untuk terus melaju dan itu adalah pilihan tepat," kata Rossi seperti dikutip dari GPOne.

Rossi juga tak mempermasalahkan strategi slipstream Marquez yaitu dengan berlindung di balik Rossi sehingga ia tak terlalu banyak terkena dampak tekanan angin dari depan.

Gurauan Rossi Usai Dibuntuti Marquez di Kualifikasi MotoGP
"Mungkin dia tidak memiliki pengalaman yang cukup dan butuh pembelajaran [bergurau]. Terlepas dari gurauan tersebut, dia adalah pebalap pintar. Dia coba menemukan titik lemah dan kekuatanmu."

"Kami semua nyaris seimbang di kualifikasi jadi pertarungan benar-benar ketat. Strategi Marquez bisa memberikan keuntungan sepersekian detik yang bisa jadi merupakan perbedaan antara baris pertama dengan baris ketiga," ucap Rossi.

Balapan MotoGP Catalunya akan berlangsung pada Minggu (16/6). Balapan bisa disaksikan lewat live streaming di CNNIndonesia.com. (ptr/jal)