Legenda Brasil Bela Messi dari Kritik Eks Pelatih Barcelona

CNN Indonesia | Kamis, 27/06/2019 02:53 WIB
Legenda Brasil Bela Messi dari Kritik Eks Pelatih Barcelona Lionel Messi mendapat kritik dari mantan pelatih Barcelona. (REUTERS/Phil Noble)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pemain timnas Brasil dan Barcelona, Rivaldo, membela Lionel Messi dari kritik yang dilontarkan pelatih asal Belanda Louis van Gaal.

Rivaldo berseberangan pendapat dengan sosok yang pernah melatihnya di Barcelona. Van Gaal sempat mengeluarkan pernyataan yang menyebut Messi bertanggung jawab atas kegagalan Blaugrana meraih gelar Liga Champions dalam empat musim terakhir.

Pemain yang turut mengantar Brasil sebagai juara Piala Dunia 2002 itu menilai kritik tersebut muncul karena pelatih tidak memiliki pengalaman bermain dan merasa kehilangan panggung lantaran kehebatan individu pemain seperti Messi.


Legenda Brasil Bela Messi dari Kritik Eks Pelatih BarcelonaRivaldo (kiri) berbeda pendapat dengan mantan pelatihnya mengenai Lionel Messi. (AFP PHOTO / PHILIPPE DESMAZES)
"Messi, Neymar, dan Cristiano Ronaldo adalah pemain yang berbeda dan tidak ada tim atau pelatih mana pun mengetahui hal hebat yang telah mereka lakukan, tetapi banyak pelatih tidak menyukai pemain seperti itu karena mereka mengambil nilai dari pelatih," tulis Rivaldo dalam akun Instagram @rivaldooficial.

"Pelatih berbicara mengenai pemain-pemain seperti itu seolah mereka tidak tahu bagaimana bermain di dalam tim, mereka hanya bagus secara individu. Saya bermain lebih dari 24 tahun dan saya tahu betul banyak pelatih tidak cukup bagus ketika bermain dan beberapa pelatih lain bukan pemain sepak bola," sambungnya.

Legenda Brasil Bela Messi dari Kritik Eks Pelatih Barcelona
Rivaldo juga menyinggung keberadaan pemain-pemain top seperti Pele, Johan Cruyff, Ronaldinho, Kaka, dan Kylian Mbappe yang menurutnya merupakan talenta berbakat di lapangan hijau dan kerap menjadi kunci permainan. Kendati demikian Rivaldo menyebut keberadaan bintang tidak selalu menentukan hasil akhir.

"Jika Anda juga tidak memiliki tim yang bermain baik secara taktis, bukan berarti Anda dapat menjadi juara. Saya lebi h memilih pemain yang berbeda karena sepak bola adalah kesenangan dan semua suka melihat sesuatu yang berbeda di lapangan," urai Rivaldo dalam unggahan yang sudah disukai 35 ribu akun.

"Tim selalu penting, tetapi Anda jelas harus memiliki pemain yang berbeda yang akan melakukan sesuatu di lapangan," tambahnya. (nva/nva)