Melepas Kubo 'Si Messi Jepang' Kesalahan Terbesar Barcelona

CNN Indonesia | Senin, 15/07/2019 12:31 WIB
Melepas Kubo 'Si Messi Jepang' Kesalahan Terbesar Barcelona Takefusa Kubo dikontrak Real Madrid hingga lima tahun ke depan. (REUTERS/Edgard Garrido)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manajemen Barcelona dianggap telah melakukan kesalahan terbesar dengan melepas gelandang serang asal Jepang Takefusa Kubo yang saat ini bermain untuk Real Madrid.

Madrid berhasil mendapatkan tanda tangan Kubo pada 14 Juni 2019. Pemain 18 tahun itu menandatangani kontrak berdurasi lima tahun dan dijadwalkan bermain untuk Real Madrid Castilla pada musim 2019/2020.

Kubo semula sempat diprediksi akan menjadi pemain masa depan Barcelona. Namun, sanksi FIFA untuk Barcelona karena melanggar regulasi perekrutan pemain usia muda membuat klub asal Catalunya itu melepas Kubo pada 2015. Barcelona juga melepas adik Kubo, Eiji (12 tahun), yang ketika itu bermain untuk FCB Escola.


Barcelona sebenarnya memiliki peluang untuk memboyong kembali Kubo dari FC Tokyo setelah usianya 18. Namun dikutip dari AS, pihak staf pelatih La Masia yang saat ini dikendalikan Pep Segura memutuskan untuk tidak menggunakan kesempatan itu.

Takefusa Kubo harus meninggalkan Barcelona pada 2015 karena sanksi FIFA.Takefusa Kubo harus meninggalkan Barcelona pada 2015 karena sanksi FIFA. (REUTERS/Edgard Garrido)
Padahal jika La Masia masih ditangani Joan Vila, orang yang membawa pemain legenda seperti Xavi Hernandez dan Carles Puyol ke tim utama Barcelona, Kubo dipastikan akan kembali ke Barcelona dan berpeluang menjadi pemain kunci di Camp Nou dalam beberapa musim ke depan.

Segura menganggap langkah untuk memboyong kembali Kubo membutuhkan dana yang sangat besar. Padahal Segura baru saja menghabiskan jutaan euro untuk memperpanjang kontrak gelandang muda asal Guinea, Ilaix Moriba, dan mengontrak pemain tidak ternama Mike van Beijnen yang merupakan putra dari agen Frenkie de Jong, Ali Dursun.

Melepas Kubo 'Si Messi Jepang' Kesalahan Terbesar Barcelona
Kini dengan Kubo berhasil menjadi milik Madrid, manajemen Barcelona dikabarkan sangat kecewa. Sebagian besar dari kubu Barcelona menganggap mereka sudah melakukan kesalahan besar.

"Seluruh episode soal Kubo adalah kesalahan terbesar yang pernah dilakukan Barcelona dalam waktu yang lama," demikian pernyataan dari dalam manajemen Barcelona.

Sebagai pengganti Kubo, Barcelona sudah merekrut Hiroki Abe dari Kashima Antlers. Sementara itu Kubo yang dijuluki 'Messi Jepang' terus menunjukkan sinarnya dalam persiapan pramusim Madrid di Kanada.

Kubo diprediksi bisa masuk tim utama Madrid musim ini. Menariknya, Madrid juga sudah memastikan perekrutan adik Kubo, Eiji. (har/nva)