Belum Separuh Musim, Liga 1 2019 Ramai Diwarnai Ricuh

CNN Indonesia | Selasa, 30/07/2019 09:26 WIB
Belum Separuh Musim, Liga 1 2019 Ramai Diwarnai Ricuh Pembakaran suar merupakan salah satu bentuk pelanggaran menurut Komisi Disiplin PSSI. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liga 1 2019 ramai diwarnai kericuhan suporter. Komite Disiplin PSSI pun tercatat mengeluarkan banyak keputusan mengenai pelanggaran dari tribune penonton.

Pertandingan antara Persela Lamongan dan Borneo FC menjadi laga terakhir Liga 1 2019 yang diwarnai keributan. Wasit Wawan Rapiko yang memimpin pertandingan langsung lari meninggalkan lapangan setelah sejumlah penonton merangsek masuk ke lapangan.

Selain wasit Wawan yang meninggalkan lapangan, wasit cadangan terlihat dipukul penonton saat berusaha lari meninggalkan lapangan.


Sebelum laga antara Persela dan Borneo, beberapa pertandingan Liga 1 2019 lainnya yang sempat mendapat sorotan lantaran kericuhan yang terjadi adalah laga pembuka yang mempertemukan PSS Sleman dengan Arema FC.

Belum Separuh Musim, Liga 1 2019 Ramai Diwarnai RicuhKeributan antarsuporter sempat terjadi dalam laga pembuka Liga 1 2019. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Ketika itu Komdis PSSI memutuskan panitia pelaksana PSS gagal memberi rasa aman dan nyaman terhadap pemain, ofisial, perangkat pertandingan, dan penonton. Selain itu Komdis juga memutuskan suporter PSS melakukan pelanggaran karena menyalakan suar, dan petasan. Fan dari kedua kubu yang terlibat saling lempar di tribune juga dinyatakan bersalah oleh Komdis PSSI.

Belum Separuh Musim, Liga 1 2019 Ramai Diwarnai Ricuh
Selain itu terdapat lebih dari 10 laga yang berbuntut dengan hukuman bagi klub lantaran tingkah laku buruk penonton seperti pelemparan botol atau penyalaan kembang api yang dilakukan suporter tuan rumah.

Ada pula beberapa pertandingan yang menghasilkan hukuman bagi kedua kesebelasan lantaran kedua suporter terlibat aksi saling lempar.

Hukuman yang diberikan Komdis PSSI pun beragam, mulai dari teguran keras, hingga hukuman denda dengan besaran puluhan hingga ratusan juta rupiah hingga sanksi penutupan sebagian stadion dengan jangka waktu tertentu.

Beberapa laga yang sempat mendapat perhatian lantaran keributan yang melibatkan suporter adalah pertemuan antara PS Tira Persikabo dengan Persija Jakarta. Sementara dalam laga Persib vs Bali United, fan tuan rumah masuk ke lapangan setelah laga usai. (nva/bac)