Menpora Malaysia Minta Pelaku Serangan Ditindak Tegas

CNN Indonesia | Jumat, 06/09/2019 12:15 WIB
Menpora Malaysia Minta Pelaku Serangan Ditindak Tegas Oknum suporter Indonesia melakukan serangan ke suporter Malaysia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia Syed Saddiq meminta pemerintah Indonesia untuk menindak tegas oknum suporter yang melakukan penyerangan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (5/9), pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022.

Hal itu diungkapkan Saddiq saat melakukan pertemuan dengan Menpora Republik Indonesia Imam Nahrawi di Jakarta, Jumat (6/9) pagi. Saddiq mengatakan Imam sudah berjanji akan menindak tegas oknum suporter Indonesia yang melakukan penyerangan.

"Kami mengucapkan terima kasih atas pendirian yang tegas. Saya pun dipastikan oleh pak Imam, beliau sendiri yang akan memastikan bahwa keadilan akan datang. Pak imam telah berhubungan dengan pihak polisi, untuk memastikan tindakan akan diambil. Kami akan pastikan bahwa Malaysia dan Indonesia akan tetap bersama," ujar Saddiq.


"Saya berharap bahwa apa yang berlaku semalam tidak akan berlaku lagi. Dan tindakan tegas akan diambil kepada segelintir suporter yang melakukan masalah ini," sambungnya.

Suporter Malaysia mendapat serangan dari oknum suporter Indonesia di Stadion GBK.Suporter Malaysia mendapat serangan dari oknum suporter Indonesia di Stadion GBK. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Sebelum pertemuan berlangsung, Saddiq memastikan Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) akan melaporkan insiden penyerangan kepada FIFA. Saddiq mengaku tidak bisa melarang langkah yang akan diambil FAM.

[Gambas:Video CNN]
"Melaporkan kepada FIFA itu pihak FAM dan PSSI bersama. Sedangkan saya pemerintah ke pemerintah, sebab itu saya [komunikasi] bersama pak Imam dan hal yang sama dilakukan pihak Kementerian Luar Negeri Malaysia bersama dengan Kementerian Luar Negeri Indonesia," ujar Saddiq.

Sejumlah suporter Malaysia mengalami luka-luka menyusul insiden pelemparan yang dilakukan oknum suporter Indonesia di laga kualifikasi Piala Dunia 2022. Selain melakukan pelemparan, sejumlah oknum suporter Indonesia juga berusaha menghampiri pendukung Malaysia. (mjo/jun)