Neymar Disarankan Tiru Gaya Ronaldo

CNN Indonesia | Selasa, 10/09/2019 21:55 WIB
Neymar Disarankan Tiru Gaya Ronaldo Neymar disarankan tiru Ronaldo. (Valery HACHE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bintang Paris Saint-Germain Neymar disarankan meniru pola latihan penyerang Juventus Cristiano Ronaldo untuk bisa menjadi pemain terbaik di dunia.

Nama Neymar mengilap saat memperkuat Barcelona di periode 2013 sampai 2017. Dalam kurun waktu tersebut Neymar kerap dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dunia bersama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Tetapi, demi hasrat menyamai level Messi dan Ronaldo, Neymar justru memilih hengkang dari Barcelona dan gabung PSG pada 2017. Keputusan itu justru menjadi blunder untuk penyerang 27 tahun tersebut.


Selama dua musim memperkuat klub ibu kota Prancis itu, Neymar justru terseok-seok. Mantan pemain Santos tersebut gagal membawa PSG juara Liga Champions dan terbuang dari persaingan perebutan trofi Ballon d'Or yang menjadi ambisi besarnya.

Tetapi, pelatih klub Liga Brasil Flamengo, Jorge Jesus, menyebut Neymar masih memiliki potensi sebagai pemain terbaik dunia. Asalkan, pemain kelahiran Mogi das Cruzes itu meniru gaya latihan Cristiano Ronaldo yang penuh kerja keras.

Neymar perlu mengubah pola pikirnya sebagai pesepakbola.Neymar perlu mengubah pola pikirnya sebagai pesepakbola. (FRANCK FIFE / AFP)
Sejauh ini prestasi Ronaldo dan Messi kerap dibanding-bandingkan satu dengan lain. Sejumlah pihak menyebut Messi memiliki talenta sepak bola yang alami, sedangkan Ronaldo sukses karena kerja keras dalam latihan dan di pertandingan.

[Gambas:Video CNN]
"Idola saya [Johan] Cruyff. [Diego] Maradona fantastis. Messi juga. Ronaldino, yang juga seperti Neymar, [mereka] bisa mencapai level tertinggi jika mereka latihan dan memiliki pola pikir seperti Cristiano Ronaldo," ujar Jesus dikutip dari Sport.

Dalam pandangan Jesus, Neymar perlu mengubah cara berpikirnya, atau ia tidak akan pernah mencapai level sebagai pemain terbaik. Bagi Jesus, setiap pemain yang mengutamakan kepentingan lain daripada permainannya di lapangan, maka pemain tersebut tidak akan pernah sukses.

Neymar Disarankan Tiru Gaya Ronaldo
Jorge Jesus menganggap Ronaldo merupakan salah satu contoh sukses seorang pemain dan menjadi alasan bagi anak-anak untuk menjadi pesepakbola.

"Bagi saya, Ronaldo yang terbaik. Saya tidak ragu lagi soal itu. Dia tidak saja cetak 10 atau 20 gol, tetapi 30, 40 sampai 50 gol. Ronaldo tak perlu memiliki nilai seni seperti Messi. Tidak saja soal kualitasnya, tapi juga bagaimana profesionalnya dia, bagaimana dia mencapai level saat ini," tutur Jesus. (sry/bac)