Klopp Diprediksi Tak Akan Seperti Ferguson di MU

CNN Indonesia | Jumat, 20/09/2019 02:30 WIB
Klopp Diprediksi Tak Akan Seperti Ferguson di MU Juergen Klopp bersama pemain-pemain Liverpool. (REUTERS/Denis Balibouse)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kebersamaan Juergen Klopp di Liverpool diprediksi tidak akan seperti Sir Alex Ferguson yang menangani Manchester United selama puluhan tahun.

Klopp sudah menjadi manajer di Liverpool sejak 2015. Selama empat tahun, sosok asal Jerman itu baru menghasilkan satu gelar Liga Champions. Kendati tak banyak gelar yang dihasilkan, Klopp mendapat banyak pujian lantaran membuat Liverpool memiliki karakter.


Mantan pemain The Reds, John Aldridge, menjadi salah satu orang yang mengapresiasi keberadaan Klopp di Liverpool. Namun mantan striker yang turut membawa kubu Merseyside Merah meraih gelar juara Liga Inggris pada musim 1987/1988 itu memprediksi Klopp tidak bakal berusia lama seperti karier Ferguson bersama MU.


"Dia begitu bergairah, dia begitu berusaha mewujudkan permainan ala Liverpool dan saya senang melihatnya bertahan di Anfield selama mungkin."

Klopp Diprediksi Tak Akan Seperti Ferguson di MUJuergen Klopp menangani Liverpool sejak 2015 menggantikan Brendan Rodgers. (Action Images via Reuters/Carl Recine)
"Namun terkadang ada perubahan dan kita semua harus mengerti dia adalah manusia biasa, situasi seperti Alex Ferguson yang bertahan lama selama 30 tahun tidak akan terjadi lagi," tulis Aldridge dalam kolom di Liverpool Echo.

Aldridge menilai faktor keluarga menjadi alasan Klopp meninggalkan Liverpool pada masa yang akan datang.

[Gambas:Video CNN]
"Perpisahan akan menjadi momen yang menyedihkan tetapi semoga itu tidak akan terjadi dalam waktu cepat. Saya ingin dia tinggal lebih lama lagi namun tentunya kita bisa mempercayakan apa yang terbaik untuknya dan Liverpool," jelas Aldridge.

Klopp Diprediksi Tak Akan Seperti Ferguson di MU
"Satu hal yang kita tahu ketika dia pergi, dia akan meninggalkan kita pada situasi yang sangat bagus dan dalam kondisi lebih baik ketimbang saat dia baru datang, hal yang belum tentu terjadi dengan semua manajer," sambungnya.

Kini Klopp belum menentukan masa depan bersama Liverpool. Kontrak mantan juru latih Borussia Dortmund itu akan habis pada 2022. (nva/jun)