Marquez Belum Bisa Kalahkan Statistik Rossi di MotoGP

CNN Indonesia | Senin, 30/09/2019 09:12 WIB
Marquez Belum Bisa Kalahkan Statistik Rossi di MotoGP Marc Marquez belum bisa mengalahkan statistik Valentino Rossi di MotoGP. (Michal CIZEK / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dominasi Marc Marquez di MotoGP dalam 10 tahun belakangan memang tak bisa terbantahkan. Namun, Marquez rupanya belum mampu mengalahkan statistik ciamik Valentino Rossi di MotoGP.

Dilansir dari Marca, statistik tersebut berdasarkan catatan 200 balapan grand prix (MotoGP) yang telah dicapai kedua pebalap tersebut.

Raihan Marquez di MotoGP beberapa tahun belakangan ini terbilang gemilang. The Baby Alien selalu meraih kemenangan dalam tiga balapan.


Marquez juga sukses meraih pole position dalam dua kali kualifikasi. Pebalap Honda tersebut pun selalu meraih podium dalam tiga balapan.

Catatan Valentino Rossi masih lebih baik dari Marc Marquez dalam 200 kali balapan di MotoGP. (Catatan Valentino Rossi masih lebih baik dari Marc Marquez dalam 200 kali balapan di MotoGP. (OSE JORDAN / AFP)
Total statistik yang sudah dia torehkan adalah 78 kali kemenangan, 129 podium, dan 89 pole position selama mencapai 200 kali balapan di kelas MotoGP.

Catatan itu yang membuat Marquez disebut-sebut begitu dominan dalam 10 tahun belakangan ini. The Baby Alien saat ini sudah mengantongi lima gelar juara dunia di kelas MotoGP.

Rossi sendiri memastikan tampil 200 kali di kelas grand prix pada MotoGP Inggris 2008. Saat ini The Doctor mengoleksi tujuh gelar juara MotoGP.

[Gambas:Video CNN]
Meski demikian, statistik Marquez tersebut rupanya belum mampu mengalahkan Rossi jika mengacu pada 200 balapan MotoGP yang sudah pernah dia lalui.

Pebalap kelahiran Tavullia tersebut mencapai 91 kali kemenangan dan 141 podium dalam 200 kali balapan. Namun, catatan pole position The Doctor masih di bawah Marquez yakni hanya 50 kali.

Marquez Belum Bisa Kalahkan Statistik Rossi di MotoGP
Hanya dua gelar lagi bagi Marquez untuk menyamakan torehan Rossi. The Baby Alien semakin dekat dengan gelar juara ketujuh di MotoGP. Kemungkinan pebalap asal Spanyol itu akan berpesta juara di MotoGP Thailand.

Gelaran MotoGP Thailand yang akan berlangsung 4-6 Oktober yang akan disiarkan secara langsung di Trans7 bisa disaksikan pula melalui live streaming di CNNIndonesia.com. (bac/bac)