Biaggi: Marquez Bisa Juara Sampai Pensiun dari MotoGP

CNN Indonesia | Sabtu, 28/09/2019 16:30 WIB
Biaggi: Marquez Bisa Juara Sampai Pensiun dari MotoGP Marc Marquez memimpin klasemen pebalap MotoGP 2019. (JOSE JORDAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pebalap MotoGP Max Biaggi menilai Marc Marquez bisa terus menjadi juara hingga memutuskan pensiun dari lintasan balap.

Gelar juara dunia MotoGP 2019 hampir pasti menjadi milik Marquez. Hingga seri ke-14, Marquez menempati puncak klasemen dan unggul jauh dari para pesaing.

Konsistensi selama musim ini memegang peranan penting bagi Marquez untuk mempertahankan gelar juara. Dari 14 kali balapan, Marquez delapan kali finis terdepan dan lima kali menjadi runner up. Sementara hanya satu kali saja Marquez gagal finis.


Biaggi menilai Marquez tampil layaknya pebalap berpengalaman sejak kali pertama tampil di ajang balap motor paling bergengsi tersebut pada 2013, sehingga kini sudah memiliki lima gelar juara dunia MotoGP.

Biaggi: Marquez Bisa Juara Sampai PensiunMarc Marquez berpeluang besar mempertahankan gelar juara MotoGP. (JOSE JORDAN / AFP)
"Sampai dia memutuskan untuk mundur dan melakukan hal lain," ujar Biaggi ketika ditanya kemungkinan pebalap berjuluk Baby Alien itu bisa merajai persaingan di lintasan MotoGP seperti dikutip dari Speedweek.

"Hari ini dia mengatur cara membalap dengan cara yang berbeda, tergantung situasi dan trek, dan selama satu musim, dia tak terkalahkan. Alex Rins dan Andrea Dovizioso telah berupaya mengalahkannya, tetapi dalam 19, 20 balapan dia adalah yang terkuat," kata Marquez melanjutkan.

[Gambas:Video CNN]
Lantaran kemampuan bersaing menjadi juara sejak 2013, Biaggi juga menganggap Marquez tidak dapat disetarakan dengan pebalap-pebalap lain.

Biaggi: Marquez Bisa Juara Sampai Pensiun
"Marc telah menulis halaman dalam buku sejarah balap motor yang berbeda dari yang lain," kata Biaggi yang pernah membalap di kelas MotoGP dari 1998 hingga 2005.

Balapan MotoGP Thailand 2019 bakal menjadi penentu gelar Marquez untuk kali pertama pada musim ini. Jika berhasil finis pertama atau setidaknya mengakhiri balapan di urutan dua hingga empat di depan Andrea Dovizioso, Marquez dipastikan bakal meraih gelar juara dunia musim ini.

Live streaming MotoGP Thailand 2019, 6 Oktober 2019, bisadisaksikandiCNNIndonesia.com. Sementara siaran langsung dapat disaksikan di Trans7.
(nva/ptr)