Tyson Bikin KO Petinju Dewasa Saat Masih 12 Tahun

CNN Indonesia | Senin, 21/10/2019 18:24 WIB
Tyson Bikin KO Petinju Dewasa Saat Masih 12 Tahun Saat masih remaja Mike Tyson bisa menumbangkan petinju dewasa. (AFP PHOTO / Carlos SCHIEBECK)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan petinju kelas berat Mike Tyson pernah menumbangkan petinju profesional saat masih berusia remaja.

Kisah Si Leher Beton mengalahkan petinju dewasa itu diceritakan mantan pelatih Tyson, Teddy Atlas, seperti yang dilansir dari Ring TV. Atlas telah menjadi seorang pelatih bela diri kelas dunia selama lebih dari 31 tahun.

Atlas menyebut Tyson memiliki berat sekitar 86,1 kilogram saat usia 12. Ketika itu, Atlas yang berusia 21 tahun menjadi pelatih Tyson dengan pengawasan dari pelatih tinju Amerika Serikat Cus D'Amato.


"Dia [Tyson] membuat saya dan Cus terkesan. Dia harus bertinju dengan seorang pria berusia 27 yang merupakan seorang petarung profesional. Dan dia mampu menanganinya," kata Atlas.

Lebih lanjut, Atlas mengatakan Tyson sebagai petinju yang memiliki dagu terkuat sepanjang karier kepelatihannya.

Mike Tyson dikenal memiliki dagu dan leher yang kuat.Mike Tyson dikenal memiliki dagu dan leher yang kuat. (GERARD BURKHART / AFP)
"Tyson memiliki dagu dan leher yang luar biasa sebagai peredam kejut," ucap Atlas.

[Gambas:Video CNN]
"Dia menyerap pukulan lawan dan mengembalikan pukulan tersebut dengan sebuah pukulan yang keras. Dagu dia bisa menghadapi petarung di tingkat yang paling tinggi," kata Atlas menambahkan.

Selain itu, Atlas juga mengakui Tyson memiliki pukulan terbaik dari banyak petinju yang pernah ia latih. Ia melihat Tyson memiliki kemampuan seperti itu sejak berusia remaja.

Tyson Bikin KO Petinju Dewasa Saat Masih 12 Tahun
"Siapapun yang bisa melumpuhkan pria ketika dia berusia 12 atau 13 tahun adalah seseorang yang memiliki pukulan yang baik. Dia [Tyson] belajar teknik bertinju agar Anda tidak bisa memukul dia. Pukulan dia adalah bakat, bukan dibuat," ujar Atlas.

"Ketika Anda mengembangkan laki-laki usia 12 tahun dan Anda tidak bisa menempatkan dia di kelas anak-anak karena tidak ada tandingannya, maka Anda menyewa lawan tarung. Dan lawan tarung itu adalah orang dewasa," tutur Atlas melanjutkan. (map/ptr)