Deret Kehebatan Tae Yong yang Tak Dimiliki Milla

CNN Indonesia | Rabu, 18/12/2019 13:06 WIB
Deret Kehebatan Tae Yong yang Tak Dimiliki Milla Shin Tae Yong punya sejumlah kelebihan yang tak dimiliki Luis Milla. (PASCAL GUYOT / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan Shin Tae Yong memiliki sejumlah kehebatan yang tidak dipunyai Luis Milla.

Nama Tae Yong dan Milla disebut-sebut sebagai kandidat kuat untuk menangani Tim Merah Putih berikutnya usai pemecatan Simon McMenemy.

Tae Yong yang sempat memikat bersama timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 menawarkan pembaruan untuk Timnas Indonesia. Sedangkan Milla dirindukan suporter Skuat Garuda.


Oleh karena itu, pemberitaan seputar rumor pelatih Timnas Indonesia masih berkutat pada nama Tae Yong dan Milla.

Meski demikian Tae Yong masih memiliki sejumlah kelebihan yang tidak ada pada diri Milla dalam karier kepelatihannya.

Luis Milla bersaing dengan Shin Tae Yong untuk melatih Timnas Indonesia.Luis Milla bersaing dengan Shin Tae Yong untuk melatih Timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Berikut sejumlah kehebatan Tae Yong yang tidak bisa disaingi Luis Milla:

1. Juara Liga Champions
Baik Tae Yong dan Milla sama-sama pernah merasakan atmosfer Liga Champions Asia. Tae Yong bersama Seongnam FC di musim 2010, Milla dengan Al Jazira pada 2013.

[Gambas:Video CNN]
Tetapi, pada musimnya masing-masing Tae Yong sukses membawa Seongnam FC juara Liga Champions musim 2010, sedangkan Milla gagal membawa Al Jazira lolos dari fase grup.

2. Kalahkan Al Shabab
Di Liga Champions Asia, Tae Yong dan Milla pernah menghadapi klub Arab Saudi, Al Shabab. Al Jazira bertemu Shabab di babak grup, sedangkan Seongnam lawan Shabab di semifinal.

Kehebatan Tae Yong yang Tak Dimiliki Milla
Meski demikian, Milla dan Tae Yong memiliki nasib yang berbeda. Dalam dua leg tersebut Milla meraih sekali imbang dan sekali kalah, sementara Tae Yong sekali kalah dan sekali menang.

3. Raih Gelar Domestik
Dalam pengalaman kedua pelatih di level klub, Tae Yong lebih baik dari Milla karena pernah juara turnamen domestik. Gelar itu diraih Tae Yong saat membawa Seongnam juara Piala Korea Selatan pada 2011 usai Seongnam kalahkan Suwon Samsung Bluewings 1-0. (sry/jal)