Shin Tae Yong Tak Masalah Indonesia di Peringkat 173 Dunia

CNN Indonesia | Sabtu, 28/12/2019 16:19 WIB
Shin Tae Yong Tak Masalah Indonesia di Peringkat 173 Dunia Shin Tae Yong tak persoalkan Timnas Indonesia di peringkat ke-173 FIFA. (JOE KLAMAR / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Shin Tae Yong tidak mempermasalahkan posisi Timnas Indonesia yang berada di peringkat ke-173 FIFA dalam rilis terbaru bulan Desember.

Dalam tugasnya, PSSI meminta pelatih asal Korea Selatan itu memperbaiki pencapaian Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2020.

Sampai dengan saat ini, Indonesia berada di posisi paling bawah di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2020 usai menelan lima kekalahan dari lima pertandingan.

Hasil buruk itu juga yang membuat posisi Indonesia kian terpuruk di peringkat FIFA. Dalam rilis bulan Indonesia, Tim Merah Putih menempati peringkat ke-173 dengan koleksi 964 poin.


Shin Tae Yong Tak Masalah Indonesia di Peringkat Ke- 173 FIFAShin Tae Yong dikontrak empat tahun. (CNN Indonesia/ Titi Fajriyah)
Meski demikian, Shin Tae Yong tidak mempersoalkan posisi Indonesia yang makin merosot di peringkat FIFA hingga kalah dari Singapura, Malaysia, Filipina, hingga Thailand dan Vietnam.

[Gambas:Video CNN]
"Indonesia di peringkat ke-173 menurut saya tidak masalah. Karena ini awal, jadi step by step akan maju satu demi satu," ucap Shin Tae Yong kepada wartawan.

Shin Tae Yong Tak Masalah Indonesia di Peringkat Ke- 173 FIFA
Mantan pelatih timnas Korea Selatan itu juga menyadari, mengubah Timnas Indonesia tidak akan bisa berjalan dalam waktu cepat.

"Memang tidak akan cepat, sesuai dengan yang Pak Iwan katakan, kalau kita memberikan pendidikan ke Timnas Indonesia U-16, U-19, U-22 ini akan membentuk tim supaya tidak mudah runtuh," kata Shin Tae Yong.

Shin Tae Yong resmi menjadi pelatih Timnas Indonesia usai penandatanganan kontrak selama empat tahun di Stadion Pakansari, Sabtu (28/12). (TTF/sry)