5 Cara Atletico Kalahkan Liverpool di Liga Champions

CNN Indonesia | Selasa, 18/02/2020 16:49 WIB
5 Cara Atletico Kalahkan Liverpool di Liga Champions Atletico masih punya peluang kalahkan Liverpool di Liga Champions. (AP Photo/Manu Fernandez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Atletico Madrid akan mendapat tantangan berat dari Liverpool di leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Wanda Metropolitano, Rabu (19/2) dini hari WIB.

Los Rojiblancos perlu memanfaatkan kesempatan bertanding di kandang guna meraih kemenangan. Dengan hasil positif di kandang sendiri bisa meringankan langkah Jan Oblak dan kawan-kawan di leg kedua nanti.

Catatan kebobolan 17 gol dari 24 pertandingan di Liga Spanyol bisa jadi modal Atletico dalam menahan serangan trio lini depan Liverpool yang terkenal haus gol.


Berikut 5 cara bagi Atletico Madrid untuk bisa menang atas Liverpool di Liga Champions:

1. Liverpool terkenal dengan tim yang bertahan dengan tinggi. Strategi tersebut bisa menjadi keuntungan bagi Atletico untuk mencuri gol.

Gelandang seperti Koke bisa diandalkan untuk melepaskan umpan lambung ke belakang pertahanan Liverpool, lalu Angel Correa atau Vitolo tinggal mengejar bola tersebut dan memanfaatkan peluang jadi gol.

Celah di lini belakang Liverpool bisa dimanfaatkan Atletico.Celah di lini belakang Liverpool bisa dimanfaatkan Atletico. (AP Photo/Jon Super)
2. Serangan balik cepat bisa jadi salah satu senjata bagi tim asuhan Diego Simeone ini dalam menekan Liverpool. Karena jika Atletico sama-sama menerapkan pressing ketat, Liverpool sudah pasti unggul dalam permainan tersebut.

[Gambas:Video CNN]
3. Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino bisa jadi mimpi buruk untuk Atletico jika pertahanan mereka lengah. Atletico perlu mengunci dan mempersempit ruang gerak ketiganya. Lini belakang solid Atletico ditambah mobilitas gelandang Thomas Partey yang sering naik-turun membantu pertahanan bisa jadi andalan menyumbat alur serangan The Reds.

5 Cara Atletico Kalahkan Liverpool di 16 Besar Liga Champions
4. Atletico tidak menerapkan pertahanan tinggi melawan Liverpool. Jika Atletico bertahan dengan cukup tinggi, Jordan Henderson hingga Virgil van Dijk bisa melepaskan umpan jauh ke belakang pertahanan mereka, dan bola-bola seperti itu bisa jadi makanan empuk bagi Mohamed Salah hingga Sadio Mane yang memiliki kecepatan bagus.

Bertahan dengan normal dan kompak atau di garis penalti bisa jadi solusi tepat bagi Atletico menghindari kebobolan dari Liverpool. Tanpa kebobolan dari tim tamu Atletico bisa terus fokus menyerang dan memenangi pertandingan.

5. Waspadai bola-bola mati Liverpool, terutama pergerakan Virgil van Dijk di kotak penalti. Sampai sejauh ini Van Dijk kerap membahayakan kiper lawan jika Liverpool mendapatkan peluang dari set piece. Akan lebih baik jika Atletico tidak sering membuat pelanggaran dekat kotak penalti, karena Liverpool memiliki beberapa penendang bebas apik, salah satunya Trent Alexander-Arnold. (sry/har)