Analisis

Bruno Fernandes Buat MU Berani Bermimpi Lagi

Juprianto Alexander, CNN Indonesia | Senin, 09/03/2020 07:00 WIB
Bruno Fernandes kembali memperlihatkan peran penting di lini tengah saat Manchester United mengalahkan Manchester City 2-0. Bruno Fernandes jadi sosok kunci di balik kebangkitan Manchester United. (AP/Rui Vieira)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bruno Fernandes memang tidak mencetak gol saat Manchester United mengalahkan Manchester City 2-0 di Stadion Old Trafford, Minggu (8/3) malam waktu setempat. Namun demikian, peran Fernandes tetap vital di lini tengah The Red Devils.

Fernandes kembali dimainkan sebagai starter di laga ini oleh pelatih Ole Gunnar Solskjaer. Ia ditemani Nemanja Matic yang bertugas memutus serangan lawan dan Fred yang bertugas sebagai gelandang box to box.

Kehadiran Matic dan Fred membuat Fernandes bisa lebih leluasa dalam mengkreasi serangan mengacu penempatan posisi sang pemain sebagai gelandang serang. Meskipun di lapangan, Fernandes sering kali ikut membantu tim bertahan.


Ketiga pemain ini bertarung sengit dengan lini tengah Man City. Permainan dikuasai Man City yang mengandalkan penguasaan bola, tetapi MU selalu berbahaya saat melakukan serangan balik berkat umpan-umpan terukur dari Fernandes.

Mantan pemain Sporting Lisbon itu bertugas sebagai 'otak serangan' MU. Pergerakan, penempatan posisi, maupun umpan Fernandes bikin pertahanan Man City dibuat ketar-ketir.

Bruno Fernandes Buat MU Berani Bermimpi LagiBruno Fernandes membuat Manchester United kembali bergairah. (AFP/OLI SCARFF)
Ancaman pertama diberikan Fernandes saat laga berjalan 16 menit. Fernandes memberikan umpan terukur untuk Daniel James yang tidak terkawal di lini depan.

Umpan Fernandes berhasil dikuasai James. Namun, tendangan winger asal Wales itu masih terlalu lemah sehingga mudah diantisipasi Ederson.

Dua belas menit berselang, Fernandes sebenarnya berpeluang mencetak gol di laga ini andai Anthony Martial tidak egois. Martial memilih untuk melepaskan tendangan dari sudut sempit ketimbang memberikan umpan kepada Fernandes yang berdiri bebas di kotak penalti Man City.

Fernandes sempat terlihat kesal, tetapi hal itu tidak membuatnya alpa untuk memanjakan Martial. Di menit ke-30, Fernandes jadi kreator gol pertama MU yang dicetak Martial.

Anthony Martial cetal gol pembuka Man United.Anthony Martial cetal gol pembuka Man United. (AP/Dave Thompson)
Fernandes dengan cerdik melepaskan umpan cungkil lewat skema tendangan bebas yang disambut tembakan first time Martial. Tendangan penyerang asal Prancis itu pun membobol gawang Ederson.

Kedewasaan Fernandes dalam bermain membuat MU jarang kehilangan bola di laga ini. Gelandang berusia 25 tahun itu juga membantu Matic dan Fred yang inkonsisten sepanjang musim ini bermain lebih baik.

Di pertengahan babak kedua Fernandes bisa saja menempatkan nama di papan skor. Akan tetapi hal itu tidak terjadi karena James tidak memberikan umpan yang seharusnya ia dilakukan.

Man City dua kali kalah dari MU di Liga Inggris musim ini.Man City dua kali kalah dari MU di Liga Inggris musim ini. (AP/Dave Thompson)
James yang berada di sudut sempit memaksakan untuk melakukan tendangan yang bisa diblok dengan mudah oleh Ederson. Padahal, Fernandes ada di posisi yang lebih menguntungkan andai James memutuskan untuk cut back di kotak penalti.

Jika Martial dan James memberikan umpan ke Fernandes, bukan tidak mungkin MU sudah unggul dengan margin tiga gol di pertengahan babak kedua. Situasi yang tentu lebih menguntungkan The Red Devils meski gol kedua bisa diciptakan Scott McTominay jelang laga usai.

[Gambas:Video CNN]
MU pun keluar sebagai pemenang dan mengukuhkan status sebagai penguasa Manchester. Dan, yang lebih penting lagi, kemenangan ini semakin menegaskan peningkatan performa MU bersama Fernandes.

Sejak Fernandes datang, MU sudah lupa rasanya kalah. Tim pengoleksi 20 gelar Liga Inggris itu meraih lima kemenangan dan tiga hasil imbang di semua kompetisi.

Bagusnya hasil yang diraih MU sejalan dengan performa apik Fernandes. Di Liga Inggris, pemain yang mengawali karier di Italia bersama Novara itu telah mencetak dua gol dan memberikan tiga assist dari lima laga.

Penampilan ciamik Fernandes terbukti membuat para pemain MU tampil lebih baik. Bahkan, grafik penampilan The Red Devils tetap bagus meski Marcus Rashford dan Paul Pogba cedera.

Bruno Fernandes Buat MU Berani Bermimpi Lagi
Sosok Fernandes membuat MU kini berani bermimpi lagi. Tim yang bermarkas di Old Trafford bisa lebih yakin untuk mengejar tiket lolos ke zona Liga Champions musim depan.

MU saat ini menempati peringkat kelima klasemen Liga Inggris dengan 45 poin. MU terpaut tiga poin dari Chelsea yang menempati batas akhir zona Liga Champions.

MU masih punya peluang besar menyalip Chelsea (48 poin) maupun Leicester City (50 poin) dengan sembilan laga sisa hingga akhir musim. Meskipun posisi kelima sudah cukup mengantar Setan Merah lolos ke Liga Champions jika banding Man City terkait larangan tampil di Liga Champions ditolak Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS).

Selain mimpi lolos ke Liga Champions musim depan, kehadiran Fernandes membuat rasa percaya fan MU kembali. Setidaknya dengan skuat yang lebih baik plus sosok Fernandes, MU bisa meramaikan persaingan untuk meraih gelar di musim depan. (jun)