Shin Tae Yong Kembali Tes Corona di Korea Selatan

CNN Indonesia | Minggu, 05/04/2020 14:08 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, dinyatakan negatif virus corona usai menjalani tes kedua di Korea Selatan. Shin Tae Yong dinyatakan negatif virus corona usai menjalani tes kedua di Korea Selatan. (JUNG Yeon-Je / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, dinyatakan negatif virus corona melalui hasil tes kedua bersama para asistennya usai tiba di Bandara Internasional Incheon, Sabtu (4/4).

Tae Yong pulang ke Korsel bersama tiga asistennya, yakni Kim Hae Woon, Kim Woo Jae, dan Lee Jae Hong. Tiga asistennya tersebut juga dinyatakan negatif.

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut langsung memeriksa kondisi kesehatannya di klinik. Di Korea Selatan, tes virus corona juga bisa dilakukan di klinik-klinik.


"Saya tiba di Bandara Internasional Incheon pada pagi hari dan langsung pergi ke klinik untuk melakukan tes. Saya menerima hasilnya beberapa saat kemudian," kata Tae Yong kepada Yonhap, dikutip dari Han Kyung.

"Kami dalam dalam kondisi sehat dan tidak ada yang salah [negatif virus corona]," ujar Tae Yong.

Shin Tae Yong sudah kembali ke Korea Selatan. (Shin Tae Yong sudah kembali ke Korea Selatan. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Meski sebenarnya dinyatakan negatif saat menjalani rapid tes di Jakarta sebelum kembali ke Korea Selatan, Tae Yong tetap menjalani tes di Korea Selatan agar lebih meyakinkan. Apalagi, berada di bandara dan pesawat sangat berisiko tertular virus corona sehingga dia berinisiatif melakukan tes lagi.

Dia juga mendoakan asisten pelatihnya yang positif virus corona saat melakukan tes di Jakarta. Tae Yog berdoa agar sang asisten pelatih segera sembuh dan bisa kembali ke Korea Selatan.

Sang asisten pelatih dinyatakan positif corona setelah melakukan rapid test. Dia kini masih menunggu hasil polymerase chain reaction (PCR) untuk lebih memastikan kondisi kesehatannya.

Rapid test sendiri yakni pemeriksaan darah memang tidak seakurat PCR. Keakuratannya hanya mencapai 70 persen paling maksimal, namun lebih murah ketimbang PCR.

Shin Tae Yong Negatif Corona Usai Tes di Korea Selatan
Sang asisten pelatih seperti diungkapkan Tae Yong, tak mengalami gejala positif corona seperti demam, batuk, atau sesak napas. Namun, dia dinyatakan positif corona. (bac/har)