5 Gerakan Peregangan Sederhana Selama WFH

TTF | CNN Indonesia
Kamis, 23 Apr 2020 14:47 WIB
Father working from home while his two children are playing in the living room Ilustrasi WFH selama darurat Covid-19. (iStock/NoSystem images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat pandemi virus corona (Covid-19) membuat kita diwajibkan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Berikut lima gerakan peregangan sederhana saat WFH.

Dilansir dari Refinery29, duduk terlalu lama di depan laptop saat bekerja di rumah membuat kepala sering membungkuk. Akibatnya, pusing dan otot tubuh menjadi tegang.

Salah satu cara yang disarankan untuk mengurangi ketegangan otot adalah dengan melakukan peregangan dan melakukan latihan pernapasan setiap pagi dan sore hari.

Gerakan ini dilakukan selama 30 menit setiap hari untuk mengurangi ketegangan otot. Berikut lima gerakan peregangan sederhana saat WFH:

1. Peregangan Otot Dada (Pec Stretch)

Peregangan pec bermanfaat untuk membantu melepaskan otot-otot dada yang tegang terutama otot yang berada di bagian dada atas. Gerakan ini juga bisa memperbaiki postur tubuh yang salah.

5 Gerakan Peregangan Sederhana Selama WFH
Cara melakukannya adalah berdiri dengan mengunci jari-jari tangan Anda di belakang badan. Usahakan supaya badan tetap lurus sambil menarik tangan ke arah bawah sampai kedua otot tulang belikat Anda berdekatan satu sama lain.

2. Meregangkan Tulang Punggung (Thoracic Extension)

Meregangkan dada dipercaya bermanfaat untuk mengurangi efek membungkuk di punggung tengah dan membuka dada untuk meredakan nyeri leher dan punggung atas. Latihan ini akan membantu memperbaiki postur tubuh bagian depan yang membungkuk.

Cara melakukannya adalah dengan mengunci jari-jari kedua tangan di belakang kepala dan tarik perlahan ke belakang sampai kedua lengan lurus dan bahu rapat. Kemudian tahan selama lima detik.

3. Membengkokkan Tubuh ke Belakang (Back Bend)

Back bend atau membengkokkan tubuh ke belakang bermanfaat untuk meringankan tekanan pada tulang bagian belakang. Selain itu juga bisa mengurangi rasa nyeri di punggung bagian bawah setelah terlalu lama berada di depan laptop.

5 Gerakan Peregangan Sederhana Selama WFH
Caranya, Anda cukup berdiri tegap dengan jari kedua tangan saling mengunci ditarik lurus di atas kepala. Kemudian tarik badan Anda ke belakang dan wajah mengarah ke langit-langit sambil menarik napas dalam-dalam dan buang perlahan kemudian rasakan sensasi peregangan sambil di tahan selama lima detik.

4. Berbaring Berputar (Reclining Twist)

Berbaring berputar atau reclining twist dilakukan dengan cara berbaring kemudian tarik lutut kanan Anda ke arah kiri lalu menengok ke kanan bersamaan. Lakukan juga bergantian untuk kaki kiri yang ditarik ke kanan dan menengok ke kiri.

Lakukan gerakan secara bergantian masing-masing 30-60 detik dan ulangi satu sampai dua kali di setiap sesinya. Reclining twist berguna untuk meregangkan punggung, dada dan glutes.

5. Ujung Jarum (Eye of The Needle)

Gerakan ujung jarum atau eye of the needle bermanfaat untuk meregangkan glutes dan membuka pinggul bagian luar dan punggung bawah.

Cara melakukannya, Anda harus berbaring telentang kemudian menekuk lutut bagian kiri lalu jari kaki kanan Anda taruh di atas paha kaki yang ditekuk. Setelah itu, kalungkan tangan Anda ke belakang lutut yang tertekuk.

Lakukan gerakan tersebut secara bersamaan. Biarkan pinggul Anda sedikit terangkat namun badan Anda tetap dalam posisi berbaring. Lalukan hal serupa untuk kaki kanan Anda. Tahan gerakan tersebut selama 60 detik di setiap sisinya.

Kelima gerakan sederhana ini dilakukan secara rutin setiap pagi dan sore hari untuk mengurangi ketegangan otot setelah duduk seharian di depan laptop saat WFH. Tetap sehat dan selamat mencoba!

[Gambas:Video CNN]

(bac/bac)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER