Bocoran Ban Bawa Yamaha Sukses di MotoGP Andalusia

x, CNN Indonesia | Rabu, 29/07/2020 00:56 WIB
Keberhasilan Yamaha menempatkan tiga pembalap di podium MotoGP Andalusia 2020 tak lepas dari instruksi mengenai ban dari Michelin. Fabio Quartararo dan Valentino Rossi di atas podium MotoGP Andalusia 2020. (AP/David Clares)
Jakarta, CNN Indonesia --

Keberhasilan Yamaha menempatkan tiga pembalap di podium MotoGP Andalusia 2020 tidak lepas dari sebuah instruksi mengenai ban.

Produsen ban Michelin diketahui mengirimkan surat elektronik ke setiap tim yang mengikuti seri kedua MotoGP 2020 akhir pekan lalu.

Surel tersebut berisi saran agar para pembalap memanaskan jenis ban lunak untuk roda depan dengan cara menggunakannya dalam tiga lap dengan tujuan untuk menghilangkan sebuah lapisan di ban tersebut sehingga ban lebih tahan panas.


"Dari waktu ke waktu kami membuat rekomendasi untuk tim yang kami percaya bisa membantu mereka, tetapi pilihan ada pada mereka. Lakukan tiga lap dan jangan diselimuti," ujar juru bicara dari Michelin kepada Autosport.

"Setelah ban dingin, selimuti ban hingga balapan. Prosedur ini membuat kompon lebih tahan panas dan bisa mengurangi temperatur hingga 10 derajat," sambungnya.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Balapan di MotoGP Andalusia memberi pengalaman tersendiri bagi para pembalap lantaran suhu yang cukup panas, baik udara maupun lintasan.

Dengan ban yang lebih tahan panas maka para pembalap akan mendapat keuntungan, termasuk Fabio Quartararo yang menjadi juara.

Diketahui seluruh pembalap Yamaha dan dua pembalap Suzuki mengikuti instruksi dari surel yang dikirim pihak Michelin.

"Biasanya kami selalu start dengan ban baru di garis start. Tetapi kali ini kami memutuskan menggunakan ban yang kami gunakan di sesi pemanasan pada pagi hari dan membalap dengan ban yang sudah digunakan itu. Ada efeknya dan saya ingin memberi selamat kepada tim," kata Quartararo.

Balapan MotoGP 2020 berikutnya bakal berlangsung di MotoGP Ceko, 2 Agustus mendatang. Balapan MotoGP Ceko bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans 7 dan live streaming di CNNIndonesia.com.

[Gambas:Video CNN]

(nva/nva)