Gertakan Marquez Bikin Lawan Keder

x, CNN Indonesia | Rabu, 29/07/2020 02:56 WIB
Kehadiran Marc Marquez di Sirkuit Jerez jelang MotoGP Andalusia 2020 dinilai mempengaruhi mental para rival. Marc Marquez sempat ikut sesi kualifikasi MotoGP Andalusia. (AFP/JAVIER SORIANO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kehadiran Marc Marquez di Sirkuit Jerez jelang MotoGP Andalusia 2020 dinilai mempengaruhi mental para rival.

Pendapat tersebut dilontarkan pengamat MotoGP, Carlo Pernat. Pria yang pernah menjadi manajer Valentino Rossi itu menganggap kedatangan Marquez bertujuan memberi pesan tersendiri kepada pesaing-pesaingnya.

"Saya setuju sekali dengan yang dia lakukan, itu bukan semata-mata sebuah tindakan, lebih dari itu dia telah melakukan manuver secara psikologis," ujar Pernat.


"Dia ingin menunjukkan kepada semua orang bahwa sebuah tank pun tak dapat menghentikannya. Dia tampil untuk memberi tekanan psikologis pada para pembalap. Dia tidak balapan, jelas dia tidak bisa melakukan itu." sambungnya.

Marquez menjadi sorotan tersendiri jelang MotoGP Andalusia. Setelah mengalami cedera di MotoGP Spanyol dan menjalani operasi, pembalap Repsol Honda itu turut berpartisipasi dalam sesi latihan bebas ketiga dan keempat serta kualifikasi.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Di tengah sesi kualifikasi Marquez dan timnya memutuskan tidak melanjutkan. Pembalap berjuluk Ant of Cervera itu pun tidak tampil di MotoGP Andalusia.

"Saya yakin dia sudah tahu sebelumnya kalau dia tidak bisa balapan dan dia hanya melakukan itu semua atas alasan psikologis melawan rival-rivalnya," kata Pernat dikutip dari GPOne.

"Dia melakukan comeback yang luar biasa, kembali ke lintasan seminggu setelah kecelakaan mengejutkan semua orang," tambahnya.

Pernat juga menilai Marquez pandai memainkan peran sehingga mendapat panggung selama sepekan, setelah MotoGP Spanyol hingga menjelang MotoGP Andalusia.

Marquez diperkirakan baru akan kembali membalap di MotoGP Ceko yang akan berlangsung 9 Agustus.

Balapan MotoGP Ceko bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans 7 dan live streaming di CNNIndonesia.com.

(nva/nva)

[Gambas:Video CNN]