ANALISIS

Mendadak Jago di MotoGP Tanpa Marquez

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Senin, 10/08/2020 19:16 WIB
Ketika Marc Marquez absen, di saat itu juga para pembalap MotoGP yang lain mendadak jago dan mampu bersaing untuk meraih kemenangan. Persaingan MotoGP 2020 semakin ketat tanpa Marc Marquez. (AFP/JAVIER SORIANO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketika Marc Marquez absen di dua balapan, di saat itu juga para pembalap MotoGP yang lain mendadak jago dan mampu bersaing untuk meraih kemenangan.

Dua balapan sudah Marquez absen di MotoGP, dan di dua balapan itu pula MotoGP menjadi semakin menarik. Persaingan memperebutkan kemenangan menjadi lebih seru, terutama di MotoGP Ceko kemarin, Minggu (9/8).

Fabio Quartararo sempat meraih kemenangan dominan di MotoGP Spanyol dan Andalusia, namun kemudian kesulitan di Ceko dan hanya mampu finis di posisi tujuh. Brad Binder membuat kejutan dengan menang di Sirkuit Brno.


Jika sebelum MotoGP 2020 dimulai ada yang mengatakan Binder akan meraih kemenangan musim ini, maka orang itu pasti akan dianggap mabuk atau sudah gila. Kenapa begitu? Pertama karena Binder pembalap rookie, dan kedua karena pembalap asal Afrika Selatan itu memperkuat KTM.

Repsol Honda Team's Spanish rider Marc Marquez gets ready to take part in the third MotoGP free practice session of the Andalucia Grand Prix at the Jerez race track in Jerez de la Frontera on July 25, 2020. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)Marc Marquez dipastikan absen di MotoGP Austria 2020. (AFP/JAVIER SORIANO)

KTM merupakan 'anak baru' di MotoGP dengan baru masuk kelas primer Grand Prix pada 2017. Sebelum Binder menang di Ceko, tim pabrikan asal Austria itu baru satu kali meraih podium di MotoGP lewat Pol Espargaro pada GP Valencia 2018. Pol juga sebenarnya berpeluang meraih podium, bahkan kemenangan, di MotoGP Ceko andai tidak bersenggolan dengan Johann Zarco.

Menariknya bukan hanya duo KTM yang mendadak jago ketika Marquez absen. Zarco juga tiba-tiba tampil cepat bersama tim Avintia Racing, yang sebelumnya sering dianggap tim pelengkap di MotoGP.

[Gambas:Video CNN]

Zarco secara mengejutkan merebut pole MotoGP Ceko dan finis ketiga di Sirkuit Brno. Selain itu ada Aleix Espargaro, pembalap Aprilia, yang disebut-sebut tim pabrikan paling buruk di MotoGP saat ini.

Aleix menjadi pembalap pabrikan tercepat di babak kualifikasi dengan start keempat. Bayangkan: pembalap pabrikan! Kakak Pol Espargaro itu bahkan sempat berada di posisi kedua di awal balapan MotoGP Ceko sebelum kesulitan mempertahankan konsistensi dan finis di posisi sepuluh.

Pengaruh Mental

Valentino Rossi usai MotoGP Ceko mengatakan para pembalap bisa tampil lepas setelah Marquez absen. Kondisi itu membuat mental para pembalap MotoGP meningkat.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

"Ini adalah kejuaraan yang sangat terbuka, dengan perubahan konstan. Ban jadi faktor yang sangat penting dan dengan absennya Marquez semua pembalap gembira," ucap Rossi dikutip dari Moto.it.

Tidak dipungkiri ketidakhadiran Marquez di sejumlah seri awal mengubah peta persaingan MotoGP 2020. Sebelumnya kehadiran Marquez di atas trek merusak mental para rival, bahkan sebelum balapan dimulai.

Marquez terlalu superior di antara pembalap lainnya dalam beberapa musim terakhir. Selalu mampu meraih kemenangan mudah dan bahkan terkadang membuat persaingan MotoGP jadi membosankan. Bagi pembalap lain finis kedua layaknya sebuah kemenangan dengan kehadiran Marquez.

Kini dengan Marquez absen hingga setidaknya di GP Austria, para pembalap MotoGP untuk kali pertama dalam beberapa musim terakhir bisa berpikir bahwa kemenangan dan merebut gelar juara dunia adalah hal yang tidak mustahil.

France's rider Fabio Quartararo competes during the MotoGP at the Czech Republic motorcycle Grand Prix at the Automotodrom Brno, in Brno, Czech Republic, Sunday, Aug. 9, 2020. (AP Photo/Petr David Josek)Fabio Quartararo membuang peluang di MotoGP Ceko 2020. (AP Photo/Petr David Josek)

Yang kemudian menjadi pertanyaan besar adalah: Siapa yang bisa memanfaatkan ketidakhadiran Marquez? Jawabannya tentu sulit diketahui. Hal itu dikarenakan tidak ada pembalap yang benar-benar dominan sejauh ini di MotoGP 2020.

Quartararo memang mampu menang dua kali beruntun, tapi kemudian kesulitan di MotoGP Ceko. Begitu juga dengan Maverick Vinales yang hanya mampu finis 14 di Sirkuit Brno setelah sempat menjadi pesaing terdekat Quartararo.

Andrea Dovizioso juga tidak konsisten meski peluang untuk meraih kemenangan di dua seri selanjutnya, Austria dan Styria, cukup terbuka lebar karena Sirkuit Red Bull Ring menjadi penguasaan Ducati sejak kali pertama digelar pada 2016.

Jika melihat klasemen sementara MotoGP 2020, Rossi yang berada di posisi tujuh juga masih berpeluang besar merebut gelar juara dunia musim ini karena hanya terpaut 32 poin dari Quartararo dengan 11 balapan yang masih akan dijalani.

Selain itu MotoGP 2020 juga akan semakin menarik ketika Marquez kembali di MotoGP Styria, 23 Agustus mendatang. The Baby Alien dipastikan akan tampil ngotot dan mengambil setiap risiko demi mengejar Quartararo di puncak klasemen.

Melihat balapan tersisa musim ini, hanya di Sirkuit Red Bull Ring, Marquez gagal meraih kemenangan musim lalu. Jika Quartararo gagal menang di MotoGP Austria akhir pekan ini, maka peluang Marquez mempertahankan gelar di MotoGP 2020 sangat terbuka lebar.

Live streaming MotoGP Austria bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com. Sementara siaran langsung balapan di Trans7.

(jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK