Jelang MotoGP Austria, Michelin Bantah Sekongkol dengan KTM

x, CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2020 20:42 WIB
Produsen ban Michelin bantah bersekongkol dengan tim KTM di MotoGP Ceko dan MotoGP Austria. Michelin dan KTM dituding bersekongkol. (AP/Petr David Josek)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tudingan Fabio Quartararo mengenai KTM dan Michelin yang sudah saling bersekongkol sebelum balapan di MotoGP Ceko dan MotoGP Austria dibantah pabrikan ban asal Perancis itu.

Manajer Michelin, Piero Taramasso, mengakui KTM dan Michelin melakukan tes bersama di Ceko, tetapi tidak secara spesifik membantu motor R16 milik KTM.

"Tes yang dilakukan jelas membantu, tetapi saya tidak suka ada pembalap yang mengatakan Michelin memberi keuntungan bagi KTM," kata Taramasso.


"Kontroversi yang sama juga terjadi ketika pada 2017 Ducati melakukan tes di Mugello dan Barcelona dan kemudian mereka menang di dua balapan tersebut, tetapi kami memilih ban lebih dulu. Bagaimana pun aspal lebih penting daripada ban kami di Brno," sambungnya.

Taramasso menjelaskan yang menjadi perbedaan adalah pembalap yang mampu mencocokkan ban dengan lintasan dan menjaga temperatur.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Selain faktor pemilihan ban, Taramasso menilai karakteristik aspal di Sirkuit Brno juga memengaruhi hasil balap.

"Kondisi trek di Brno rumit. Cengkeraman yang lebih buruk dari 2019. Akhir pekan ini sebenarnya tidak ada daya cengkeram sama sekali. Hampir 50 derajat dan pembalap seperti memacu motor di atas beton halus," terang Taramaso dikutip dari Paddock GP.

"Kami senang ada empat tim berbeda yang menempati empat posisi terdepan, itu berarti semua sudah menemukan solusi," sambungnya.

Sebelumnya Quartararo menuduh KTM dan Michelin bekerja sama sehingga Brad Binder bisa menjadi juara di MotoGP Ceko akhir pekan lalu.

Balapan MotoGP selanjutnya akan berlangsung di Austria, Minggu (16/8). Live streaming MotoGP Austria 2020 dapat disaksikan di CNNIndonesia.com, sementara siaran langsung balapan di Trans7.

[Gambas:Video CNN]

(nva/jal)