Barcelona vs Bayern: Duel Berakhir Juara Liga Champions

x, CNN Indonesia | Jumat, 14/08/2020 10:40 WIB
Dalam tiga pertemuan terakhir Barcelona vs Bayern Munchen di Liga Champions, tim pemenang sukses menjadi juara kompetisi. Bayern Munchen melangkah ke perempat final Liga Champions setelah mengalahkan Chelsea. (AP/Matthias Schrader)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dalam tiga pertemuan terakhir Barcelona lawan Bayern Munchen di Liga Champions, tim pemenang sukses melanjutkan perjalanannya menjadi juara kompetisi.

Tiga pertemuan terakhir Barcelona vs Bayern tidak pernah terjadi di babak final Liga Champions. Namun dalam tiap kesempatan itu, tim pemenang selalu berhasil jadi juara di akhir perjalanan mereka di Liga Champions.

Berikut tiga duel terakhir Barcelona vs Bayern di Liga Champions:


1. Liga Champions 2008/2009

Dalam duel kedua tim yang berlangsung di perempat final Liga Champions 2008/2009, Barcelona sukses mengawali leg pertama dengan hasil gemilang. Bertarung di Camp Nou, Blaugrana mampu menyudahi pertandingan dengan skor telak 4-0.

Dua gol cepat yang dicetak Lionel Messi di menit kesembilan dan Samuel Eto'o di menit ke-12 memberikan kepercayaan diri untuk Blaugrana. Messi lalu mencetak gol kedua di menit ke-38 dan disusul Thierry Henry untuk membuat skor menjadi 4-0 di akhir babak pertama. Munchen gagal membuat gol tandang di sisa pertandingan.

Pada leg kedua, Franck Ribery sempat membawa Munchen memimpin 1-0 di babak pertama namun gol dari Seydou Keita memastikan duel berakhir dengan skor 1-1.

Setelah menyingkirkan Munchen dengan agregat 5-1, Barcelona sukses melaju ke final usai menang agresivitas gol tandang dalam laga lawan Chelsea. Di babak final, Barcelona menang 2-0 atas Manchester United lewat gol Eto'o dan sundulan Messi.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

2. Liga Champions 2012/2013

Barcelona kembali berjumpa Bayern Munchen, kali ini di semifinal Liga Champions 2012/2013. Mendapat kesempatan pertama sebagai tuan rumah, Munchen memaksimalkan laga itu dengan baik. Munchen sukses memukul Barcelona dengan skor telak 4-0. Sepasang gol Thomas muller dan gol dari Mario Gomez serta Arjen Robben menamatkan perlawanan Barcelona.

Saat bertandang ke Camp Nou, Munchen menutup harapan Barcelona lewat kemenangan telak lainnya, kali ini dengan skor 3-0. Munchen sukses lolos dengan agregat meyakinkan 7-0. Kekalahan ini merupakan salah satu kekalahan paling menyakitkan bagi Barcelona di era Messi.

Lolos ke partai final, Munchen menang atas Borussia Dortmund dengan skor 2-1.

[Gambas:Video CNN]

3. Liga Champions 2014/2015

Barcelona bentrok lagi dengan Bayern Munchen di semifinal Liga Champions 2014/2015. Barcelona kali ini jadi tuan rumah pada leg pertama.

Dalam kondisi buntu hingga laga melewati 75 menit, Lionel Messi mencetak dua gol indah di menit ke-77 dan 80 untuk membuat kedudukan menjadi 2-0. Gol Neymar di masa injury time kemudian membuat Barcelona punya modal berharga berupa kemenangan 3-0 di leg pertama.

Pada leg kedua, Mehdi Benatia sempat membawa munchen unggul cepat, tetapi dua gol balasan Neymar membuat Barcelona unggul 2-1 di babak pertama. Munchen sempat mencetak dua gol tambahan di babak kedua tetapi kemenangan 3-2 tidak cukup untuk menghapus kekalahan 0-3 di leg pertama.

Setelah lolos ke final dengan agregat 5-3, Barcelona menuntaskan perlawanan Juventus di babak final dengan skor 3-1 untuk jadi juara Liga Champions musim itu.

(ptr/nva)