Aubameyang, Buangan Milan Calon Legenda Arsenal

CNN Indonesia | Rabu, 16/09/2020 07:33 WIB
Pierre Emerick Aubameyang, pemain yang pernah dibuang AC Milan ini kini jadi calon legenda Arsenal. Perpanjangan kontrak bisa membuat Aubameyang jadi legenda Arsenal. (AP Photo/Dave Thompson)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pierre Emerick Aubameyang resmi memperpanjang kontrak dengan Arsenal. Pemain yang pernah dibuang AC Milan ini kini bersiap jadi calon legenda The Gunners.

Aubameyang sempat jadi anggota tim muda Milan. Nama Aubameyang saat itu sempat disebut-sebut sebagai calon pemain masa depan Milan. Dengan kondisi Milan masih penuh pemain bintang, Aubameyang menjalani masa pinjaman di sejumlah klub Prancis seperti Dijon, Lille, dan AS Monaco.

Dengan penampilan yang tergolong biasa, Milan akhirnya memutuskan melepas Aubameyang dan penyerang Gabon itu menandatangani kontrak dengan Saint-Ettiene serta resmi jadi pemain tersebut.


Setelah tampil impresif di Saint-Ettiene, Aubameyang akhirnya direkrut oleh Borussia Dortmund di musim 2013/2014. Tugas Aubameyang di Dortmund tidak mudah lantaran ia datang sebagai pengganti Robert Lewandowski, bomber Polandia yang jadi mesin gol Dortmund sebelumnya.

Namun Aubameyang berhasil menjawab tantangan tersebut. Gol demi gol lahir dari kakinya. Ia terpilih sebagai pemain terbaik Bundesliga dan sempat jadi pencetak gol terbanyak Bundesliga.

Arsenal's Pierre-Emerick Aubameyang, 2nd right, celebrates after scoring the opening goal during the English FA Community Shield soccer match between Arsenal and Liverpool at Wembley stadium in London, Saturday, Aug. 29, 2020. (Justin Tallis/Pool via AP)Pierre Emerick Aubameyang konsisten tampil tajam bersama Arsenal. (AP/Justin Tallis)

Meski menonjol dari segi individu, Aubameyang hanya merasakan gelar DFB Pokal 2016/2017 bersama Dortmund. Mereka selalu kalah bersaing dengan Bayern Munchen di Bundesliga.

Sempat diisukan diminati Real Madrid, Aubameyang justru menuju Liga Inggris untuk bergabung dengan Arsenal, tim besar yang tengah berupaya bangkit.

Aubameyang bergabung dengan rekor transfer klub dan segera membuktikan bahwa label harganya tersebut layak dipertanggungjawabkan. Sejak masuk Arsenal di pertengahan musim 2017/2018, Aubameyang sudah menunjukkan ketajamannya di lini depan.

Ketajaman itu yang terus ditunjukkan di dua musim berikutnya, termasuk meraih gelar top skor Liga Inggris di musim 2018/2019, musim penuh pertamanya bersama Arsenal.

Lantaran punya pengaruh besar, ban kapten Arsenal pun dengan cepat melingkar di lengannya. Kepergian Aubameyang pun kemudian jadi kekhawatiran yang dirasakan penggemar Arsenal dalam beberapa bulan terakhir.

Arsenal's Pierre-Emerick Aubameyang celebrates after scoring his side's second goal during the FA Cup final soccer match between Arsenal and Chelsea at Wembley stadium in London, England, Saturday, Aug.1, 2020. (Catherine Ivill/Pool via AP)Mikel Arteta berhasil meyakinkan Aubameyang untuk bertahan. (AP/Catherine Ivill)

Pilihan Tepat Aubameyang

Dengan usia menginjak 31 tahun, bertahan di Arsenal merupakan pilihan yang tepat bagi Aubameyang. Ia sudah mendapat rasa hormat yang besar dari pendukung The Gunners.

Bila terus tampil konsisten hingga bertahun-tahun ke depan, Aubameyang bakal makin mendapatkan tempat istimewa di klub asal kota London tersebut.

Pindah ke klub lain justru membuat Aubameyang kembali terlibat dalam pertaruhan. Bila ia tak bisa beradaptasi dengan baik, kariernya justru bakal surut dalam waktu lebih cepat.

Arsenal's Pierre-Emerick Aubameyang kicks the ball past Leicester's goalkeeper Kasper Schmeichel to score his team's first goal during the English Premier League soccer match between Arsenal and Leicester at Emirates Stadium in London, England, Tuesday, July 7, 2020. (AP Photo/Shaun Botterill,Pool)Pierre Emerick Aubameyang sudah dicintai pendukung Arsenal. (AP/Shaun Botterill)

Dalam satu dekade terakhir, pendukung Arsenal lebih sering menelan kecewa ketika mereka melihat bintang-bintang yang diharapkan bisa membawa mereka kembali berjaya justru memilih pergi ke tim lain.

Robin van Persie dan Cesc Fabregas adalah contoh terbaik untuk hal tersebut., belum lagi bintang-bintang yang baru bersinar tetapi malah memilih hijrah seperti Alex Song, Emanuel Adebayor, dan banyak lainnya.

Latar belakang itu membuat penggemar Arsenal kini terus harap-harap cemas tiap ada pemain yang mulai melejit bersama mereka. Kekhawtiran itu kini sudah musnah seiring Aubameyang sudah sepakat bertahan di Arsenal untuk kontrak tambahan kontrak tiga tahun.

Aubameyang telah menaruh keyakinan bahwa proyek yang telah dirancang oleh Mikel Arteta bisa berbuah positif di masa depan.

Keyakinan Aubameyang tentu tak bisa mulus terwujud mengingat ketatnya persaingan di Liga Inggris. Namun perpanjangan kontrak di Arsenal setidaknya membuat Aubameyang bakal punya tempat spesial ketika ia sudah memutuskan gantung sepatu suatu hari nanti.

Tempat bernama Arsenal yang bakal menganggapnya sebagai salah satu legenda yang pernah ada dalam sejarah klub mereka.

(ptr)

[Gambas:Video CNN]