Quartararo Bisa Kalah Kalau MotoGP Catalunya Lebih Panjang

CNN Indonesia | Senin, 28/09/2020 15:16 WIB
Fabio Quartararo mengakui bakal kalah di MotoGP Catalunya jika balapan lebih lama satu lap karena bermasalah pada ban belakang motornya. Fabio Quartararo menjadi juara di MotoGP Catalunya 2020. (AP/Joan Monfort).
Jakarta, CNN Indonesia --

Fabio Quartararo tampil sebagai juara usai menjadi yang tercepat di MotoGP Catalunya 2020 di sirkuit Barcelona, Minggu (27/9) malam WIB.

Jika balapan lebih panjang satu lap, Quartararo justru bisa kalah karena ban motornya mengalami masalah di dua lap terakhir.

Dilansir Crash, Quartararo sempat berpikir akan sulit memenangkan balapan karena ban belakangnya menipis dengan cepat. Kendala itu membuat kecepatannya turun menjadi empat detik di tiga lap terakhir.


Di belakangnya ada Joan Mir dan Alex Rins yang terus membuntutinya.

Banner gif video highlights MotoGP

"Saya merasa cengkeraman (ban) sedikit berkurang tetapi kami berhasil mendapatkan lap akhir. Saya turun dari 41 detik, menjadi 42 detik dan kemudian ke 43 detik dalam tiga lap terakhir," kata pembalap Petronas Yamaha

"Saya pikir orang-orang ini akan menyusul saya," tambah Quartararo.

Quartararo mengambil keuntungan di MotoGP Catalunya usai Andrea Dovizioso dan Johann Zarco terlibat insiden di lap pertama pada tikungan dua. Insiden yang membuat mereka terjatuh dan tak bisa meneruskan balapan.

Saingan Quartararo juga berkurang karena Valentino Rossi yang sempat berada di belakangnya. Namun di tikungan dua lap 16 The Doctor membuat kesalahan karena kehilangan keseimbangan ban depan.

Pembalap Italia itu terjatuh dan harus menerima kenyataan gagal finis di MotoGP Catalunya.

Dengan hasil MotoGP Catalunya ini, Quartararo memimpin klasemen sementara dengan 108 poin. Di posisi berikutnya Joan Mir 100 poin dan Maverick Vinales 99 poin.

Sementara Dovizioso yang sempat memimpin klasemen selama dua pekan harus turun ke posisi keempat dengan 84 poin. Sedangkan Valentino Rossi kian sulit bersaing menjadi juara dunia MotoGP usai berada di urutan ke-11 dengan 58 poin.

Seri MotoGP 2020 selanjutnya akan mengambil tempat di Prancis, pada 11 Oktober. Live Streaming MotoGP Prancis 2020 dapat disaksikan di CNNIndonesia.com, sementara siaran langsung balapan akan disiarkan Trans7.

(osc/jun)

[Gambas:Video CNN]