ANALISIS

Waktu Terbaik Everton Tenggelamkan Liverpool

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Jumat, 16/10/2020 19:07 WIB
Everton punya kesempatan terbaik untuk menaklukkan Liverpool setelah sebelumnya lebih sering kalah. Everton saat ini jadi pemuncak klasemen Liga Inggris. (AP/Peter Byrne)
Jakarta, CNN Indonesia --

Duel Everton vs Liverpool di Liga Inggris merupakan pertarungan dua pembuktian. Everton ingin membuktikan bahwa mereka kini memang layak dijagokan tidak hanya di atas kertas, sedangkan Liverpool ingin membuktikan mereka tetap lebih hebat dibandingkan Everton seperti yang terlihat selama ini.

Dalam satu dekade terakhir, Everton tak sanggup mencatat kemenangan atas Liverpool di Liga Inggris. Mereka 11 kali bermain imbang dan delapan kali menelan kekalahan.

Secara keseluruhan, Everton bahkan tidak mampu menang atas Liverpool dalam 22 laga di seluruh kompetisi. Catatan tersebut adalah catatan terbaik Liverpool dalam melawan sebuah klub.


Dengan segala tren buruk itu, kini Everton hadir di depan Liverpool dengan rupa yang jauh berbeda. Everton musim ini benar-benar jauh berbeda dibandingkan musim-musim sebelumnya.

Everton mampu melewati empat laga dengan nilai sempurna. 'The Toffees' pun kini jadi pemuncak klasemen Liga Inggris.

Dari segi permainan Everton menampilkan permainan yang menjanjikan. Mobilitas James Rodriguez, kecepatan Richarlison, dan ketajaman Dominic Calvert-Lewin membuat lini belakang tim-tim lawan kerepotan.

Everton's James Rodriguez celebrates after scoring his side's fourth goal during the English Premier League soccer match between Everton and Brighton at the Goodison Park stadium in Liverpool, England, Saturday, Oct. 3, 2020. (Jan Kruger/Pool via AP)James Rodriguez merupakan tambahan kekuatan terbesar bagi Everton musim ini.  (AP/Jan Kruger)

Di tengah Everton punya gelandang-gelandang yang punya kualitas mumpuni macam Allan, Andre Gomes, Glyfi Sigurdsson, dan Abdoulaye Doucoure.

Di lini belakang Everton masih terbilang rapuh lantaran cukup banyak kebobolan gol di empat laga awal. Namun setidaknya hal itu bisa ditutupi oleh ketajaman lini depan mereka.

Menilik materi tim 'The Toffees', Carlo Ancelotti berhasil mendapatkan pemain-pemain anyar yang bisa memaksimalkan potensi tim seperti James, Doucoure, dan Allan.

Everton Maksimalkan Beban Liverpool

Tidak ada waktu yang paling tepat bagi Everton untuk mengalahkan Liverpool selain saat ini. Everton tengah dalam kondisi percaya diri, sedangkan Liverpool dalam kondisi terluka parah akibat kekalahan memalukan 2-7 dari Aston Villa.

Meski terganggu jeda internasional, Everton masih bisa memanfaatkan ketidakpercayaan diri pemain Liverpool.

Liverpool's Virgil van Dijk reacts to the referee during the English League Cup third round soccer match between Lincoln City and Liverpool at the LNER stadium, Lincoln, England, Thursday, Sept. 24, 2020. (Peter Powell, Pool via AP)Lini belakang Liverpool tengah bermasalah. (AP/Pool)

Duet Virgil van Dijk dan Joe Gomez bakal kembali digedor oleh kecepatan-kecepatan Calvert-Lewin dan kawan-kawan. Maut bakal terus mengintai Liverpool bila Trent Alexander-Arnold dan Andy Robertson naik dan menyerang lantaran Richarlison dan James bakal berbahaya lewat umpan-umpan panjang dan kecepatan yang mereka miliki.

Permasalahan terbesar Liverpool adalah sektor penjaga gawang ketika mereka harus menurunkan Adrian. Kiper Spanyol itu jelas menjadi sosok yang punya beban paling berat ketika bermain dalam laga lawan Everton nanti.

Terakhir Adrian melakukan blunder fatal saat Liverpool dikalahkan Aston Villa 2-7 sebelum jeda internasional.

Masalah mental Everton terkait rekor buruk di hadapan Liverpool pun tidak semestinya mereka cemaskan secara berlebihan. Musim terus berganti dan skuad saat ini tak semestinya terbebani oleh kegagalan-kegagalan di musim lalu.

Everton's Richarlison kicks the ball during the English Premier League soccer match between Tottenham Hotspur and Everton at the Tottenham Hotspur Stadium in London, Sunday, Sept. 13, 2020. (Adam Davy/Pool via AP)Kecepatan Richarlison dan kawan-kawan bakal membahayakan lini pertahanan Liverpool. (AP/Adam Davy)

Liverpool Masih Berbahaya

Meski kalah 2-7 dari Aston Villa, awal musim Liverpool tidak sepenuhnya buruk. Mereka tidak separah Manchester United. The Reds mengumpulkan sembilan poin alias hanya tertinggal tiga poin dari Everton.

The Reds bisa menjadikan laga lawan Everton ini sebagai titik balik kebangkitan mereka musim ini. Motivasi The Reds bertambah besar lantaran Sadio Mane dan Thiago Alcantara sudah bisa dimainkan setelah sempat terjangkit virus corona.

Kehadiran Thiago lewat penguasaan bola yang mumpuni bisa meredam laju permainan cepat Everton. Sedangkan Sadio Mane jelas jadi ancaman bagi lini pertahanan Everton, pun begitu halnya dengan Roberto Firmino dan Mohamed Salah.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Lini belakang jelas jadi masalah terbesar Liverpool saat ini. Karena itu, upaya terbaik untuk mencegah hadirnya blunder di lini belakang adalah dengan mendominasi permainan dan tak membiarkan Everton leluasa menyerang.

Everton memang dalam posisi terbaik untuk menenggelamkan Liverpool, tetapi The Reds tak sepenuhnya inferior di laga nanti.

(jun)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK