Profil Jon Jones, Petarung UFC yang Marah pada Khabib

X, CNN Indonesia | Jumat, 30/10/2020 14:25 WIB
Jon Jones mengamuk saat Khabib Nurmagomedov resmi jadi petarung nomor satu UFC menggeser dirinya. Siapa sosok Jon Jones? Jon Jones baru satu kali menelan kekalahan dalam kariernya. (Ronald Martinez/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jon Jones mengamuk saat Khabib Nurmagomedov resmi jadi petarung nomor satu UFC menggeser dirinya. Siapa sosok Jon Jones?

Jon Jones adalah bintang UFC yang setahun lebih tua dari Khabib. Meski terbilang seumuran, Jon Jones lebih dulu melejit di dunia UFC. Ia sudah bergabung dengan UFC di 2008 setelah mencatat delapan kemenangan di karier sebelumnya.

Jon Jones merebut sabuk light heavyweight UFC pada UFC 128 ketika ia menang TKO atas Mauricio Rua. Setelah kemenangan itu, Jon Jones tak lagi pernah merasakan kekalahan di 14 laga berikutnya. Usai laga lawan Rua, tiap duel Jon Jones hampir selalu mempertaruhkan sabuk light heavyweight UFC, kecuali lawan Ovince Saint Preux yang mempertaruhkan sabuk interim light heavyweight.


Hal inilah yang jadi salah satu dasar kesombongan Jon Jones mempertanyakan kapasitas Khabib. Khabib baru melakoni empat pertarungan perebutan gelar juara dunia, jauh di bawah dirinya.

NEW YORK, NY - SEPTEMBER 20: Lightweight Champion Khabib Nurmagomedov reacts during the UFC 229 Press Conference at Radio City Music Hall on September 20, 2018 in New York City.   Steven Ryan/Getty Images/AFPKhabib menggeser posisi Jon Jones sebagai petarung nomor satu UFC. (AFP/Steven Ryan)

Meski hebat di octagon, Jon Jones sempat bermasalah dan hal itu yang membuat dirinya beberapa kali kehilangan gelar. Pertama ketika ia melakukan tabrak lari di 2015 yang berujung pada pencopotan gelar miliknya.

Jon Jones juga kemudian sempat bermasalah ketika laga lawan Daniel Cormier. Jones sukses menang KO di ronde ketiga atas Cormier namun laga tersebut kemudian dianggap no contest lantaran Jon Jones terbukti positif turinabol.

Sederet kontroversi itu tak bisa menghentikan Jon Jones untuk selalu dekat dengan sabuk juara light heavyweight UFC. Usai laga lawan Cormier, Jon Jones merebut kembali sabuk juara light heavyweight dengan kemenangan atas Alexander Gustafsson.

Dalam tiga laga terakhir, Jon Jones sukses menaklukkan Anthony Smith, Thiago Santos, dan Dominick Reyes, semuanya dengan kemenangan angka mutlak.

Jon Jones mencatat 26 kemenangan dan satu kekalahan dalam perjalanan kariernya di MMA. Namun satu kekalahan itu berasal dari diskualifikasi ketika ia duel lawan Matt Hamill.

Jon Jones ada di nomor urut dua dalam catatan kemenangan beruntun terbanyak di UFC, yaitu 13 kemenangan beruntun dari 2010-2017. Andai ia tak positif turinabol lawan Cormier, tentu ia sudah memecahkan rekor kemenangan beruntun milik Anderson Silva yang berjumlah 16 kemenangan.

Khabib juga mencatatkan 13 kemenangan beruntun di UFC sampai akhirnya ia memutuskan pensiun usai menaklukkan Justin Gaethje.

GIF Banner Promo Testimoni

Sebelum Khabib pensiun, Jon Jones sudah lebih dulu menyatakan mencopot gelar light heavyweight UFC karena kecewa dengan kompensasi yang diberikan UFC pada dirinya yang sudah berbuat banyak dalam satu dekade terakhir.

Namun tak lama berselang, Jon Jones menyatakan siap kembali dan bertarung di kelas berat menghadapi lawan-lawan baru.

(ptr/har)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK