Iwan Bule Bangga Pemain Indonesia Tampil di Kompetisi Asing

CNN Indonesia | Kamis, 19/11/2020 17:20 WIB
Ketua Umum PSSI, Mocahamad Iriawan atau Iwan Bule mengaku bangga jika banyak pesepakbola Indonesia yang bermain di luar negeri. Ketum PSSI Mochamad Iriawan mendorong para pemain Indonesia berkiprah ke luar negeri. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah).
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengaku bangga jika banyak pesepakbola Indonesia yang bermain di luar negeri.

Hal itu diungkapkan pria yang karib disapa Iwan Bule itu menanggapi rumor banyaknya pemain liga yang memilih melanjutkan karier di luar negeri.

"Kami tentu bangga kalau banyak pemain main di luar negeri, sehingga saya mendorong itu. Saya ingin teman-teman pemain bisa seperti pemain Jepang dan pemain Korea yang ada di luar negeri. Kami mendorong sekali," kata Iwan Bule.


Saat ini beberapa nama pemain Indonesia diketahui mendapatkan tawaran bermain di luar negeri. Sebut saja Todd Rivaldo Ferre, winger Persipura Jayapura yang ditaksir Lampang FC, klub Liga 2 Thailand.

Jacksen Tiago, Pelatih PersipuraKetidakjelasan nasib Liga 1 membuat banyak pemain mempertimbangkan main di luar negeri. (Dok.Persipura Jayapura).

Ada juga gelandang Persija Jakarta, Evan Dimas Darmono dan Kapten Timnas Indonesia U-23 Hansamu Yama Pranata yang menjadi incaran klub Malaysia.

Selain itu, gelandang Persija lainnya, Rezaldi Hehanusa yang mengaku siap meninggalkan Tim Macan Kemayoran tahun depan untuk berkarier di luar negeri. Saat ini, ia mengaku tengah menunggu tawaran dari klub Thailand dan Korea Selatan.

Sementara itu, Pelatih Persipura Jacksen F. Tiago membenarkan sudah ada pemainnya yang telah berpamitan untuk berkarier di luar negeri. Namun pelatih asal Brasil itu enggan menyebutkan nama.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

"Yang jelas anak-anak dengan saya tetap berhubungan, sudah pasti akan pergi [pemain yang bersangkutan], dia sudah bicara secara pribadi, saya cuma kasih tahu secara pribadi," kata Jacksen kepada CNNIndonesia.com.

Ketidakjelasan kelanjutan nasib kompetisi Liga 1 2020 di tengah pandemi Covid-19 dianggap menjadi salah satu alasan yang mendorong para pemain untuk berkarier di luar negeri. Sebab negara-negara lain, khususnya di Asia Tenggara, sudah melanjutkan kompetisi di tengah pandemi.

"Yang jelas selama tidak ada kompetisi, tidak salah mereka begitu [memilih berkarier di luar negeri]. Saya rasa bukan cuma pemain, kalau ada kesempatan pergi, sama, apa yang bisa diharapkan dari kompetisi sekarang ini."

"Tapi sewaktu-waktu timnas butuh, mereka dalam kondisi yang baik, itu pasti akan terjadi [pemain pergi dengan kondisi seperti ini]. Saya sebagai pelatih memberi keleluasaan kepada pemain. Kompetisi tanda tanya juga," ungkap Jacksen.

(ttf/osc)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK