Mengingat Drama VAR di Laga Tottenham vs Man City

CNN Indonesia | Jumat, 20/11/2020 21:02 WIB
Sejumlah kontroversi dan drama VAR pernah mewarnai laga Tottenham Hotspur melawan Manchester City di dua musim terakhir. Duel Tottenham vs Manchester City beberapa kali diwarnai kontroversi, salah satunya VAR. (AP Photo/Ian Walton).
Jakarta, CNN Indonesia --

Tottenham Hotspurs bakal menjamu Manchester City di pekan kesembilan Liga Inggris, Minggu (22/11) dini hari WIB.

Duel kedua tim mengingatkan kembali ketika Manchester City disingkirkan Tottenham di perempatfinal Liga Champions dua tahun lalu.

Dua laga itu sama-sama dimenangi kedua tim. Di leg pertama Tottenham menang 1-0, lalu kalah di leg kedua 3-4. Spurs berhak lolos ke semifinal karena gol tandang.


Pada laga kedua di Stadion Etihad, setidaknya ada dua kejadian yang harus diputuskan lewat VAR. Keputusan itu yang di akhir laga disoroti Josep Guardiola karena merugikan The Citizens.

Wasit kemudian mengecek tayangan VAR. Setelah melihat insiden tersebut kedua kalinya, wasit menyatakan gol tersebut sah.Pertama, gol Fernando Llorente di menit 73. Gol yang jadi penentu kelolosan Tottenham itu menjadi kontroversi. Para pemain Man City protes karena bola menyentuh tangan Llorente sebelum masuk ke dalam gawang.

Tak hanya itu, kontroversi juga terjadi pada gol Raheem Sterling menerima umpan Sergio Arguero di masa injury time. Gol itu mengubah kedudukan menjadi 5-3.

Namun wasit lagi-lagi melihat tayangan VAR untuk mengecek gol tersebut.

Setelah melihat VAR, wasit menyatakan gol tersebut tidak sah, lantaran Aguero dalam posisi offside saat menerima umpan sebelum menggiring ke kotak penalti lalu menyodorkan bola ke Serling.

Fans wait while a possible goal by Manchester City's Gabriel Jesus is checked by VAR during the English Premier League soccer match between Manchester City and Tottenham Hotspur at Etihad stadium in Manchester, England, Saturday, Aug. 17, 2019. (AP Photo/Rui Vieira)Tayangan VAR di dua musim terakhir di laga Tottenham vs Manchester City menjadi penentu hasil akhir. (AP Photo/Rui Vieira).

Dua kontroversi itu yang di akhir pertandingan disinggung Guardiola. Sebab meski menang, anak asuhnya harus mengubur mimpinya lolos ke semifinal Liga Champions gara-gara kalah dalam agresivitas gol tandang.

Sejatinya kontroversi VAR saat kedua tim bertemu juga pernah terjadi di Liga Inggris musim 2019/2020. Saat laga pekan kedua itu, kedua tim bermain imbang 2-2.

Man City saat itu seharusnya bisa menang, jika gol Gabriel Jesus di menit-menit akhir tak dianulir wasit.

Wasit menganulir setelah melihat tayangan VAR karena Aymeric Laporte kedapatan handball sebelum Jesus menceploskan bola.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Kini kedua tim bakal kembali bertemu di pekan ke-9 Liga Inggris, akhir pekan ini.

Musim 2020/2021, Tottenham tampil lebih meyakinkan ketimbang Man City. Tottenham sudah lima kali menang dan dua kali seri serta sekali kalah dari delapan laga.


Tottenham kini di posisi kedua klasemen dengan 17 poin. Sedangkan Man City di urutan ke-10 dengan 12 poin.Sementara Man City baru mengemas tiga kemenangan dan tiga seri, serta sekali kalah dari tujuh penampilan.

(osc/jal)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK