Kronologi Bagus Kahfi Diminati FC Utrecht

CNN Indonesia | Kamis, 26/11/2020 17:06 WIB
Striker Timnas Indonesia U-19 Amiruddin Bagus Kahfi memiliki peluang bergabung dengan FC Utrecht, klub kasta tertinggi di Liga Belanda atau Eredivisie. Bagus Kahfi diminati klub Belanda FC Utrecht, (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia --

Striker Timnas Indonesia U-19 Amiruddin Bagus Kahfi memiliki peluang bergabung dengan FC Utrecht, klub kasta tertinggi di Liga Belanda atau Eredivisie.

Mirwan Suwarso, perwakilan resmi Mola TV selaku pemilik program Garuda Select, tim yang sempat diperkuat Bagus saat menjalani tes di Inggris dan Italia mengungkapkan kronologi perjalanan pemain Barito Putera hingga diminati FC Utrecht.

Bagas bergabung dengan Program Garuda Select edisi pertama pada 2018, kemudian kembali dipanggil ikut di edisi kedua setahun berikutnya. Mantan pemain Chelsea Dennis Wise yang menjadi pelatih di tim itu melihat perkembangan bakat Bagus yang dianggap mampu didorong tampil ke level yang lebih tinggi, salah satunya bergabung dengan klub sepak bola di Eropa.


"Kami merekomendasikan Bagus untuk diterima dan dipoles FC Utrecht melalui Dennis Wise supaya bisa jadi pemain yang bagus. Kalau tidak ada rekomendasi Dennis Wise, tidak ada pemain kita yang yang bisa tampil di level di kasta sepak bola Eropa," ucap Mirwan kepada CNNIndonesia.com, Rabu (25/11).

[Gambas:Instagram]

FC Utrecht selama ini lebih sering mengambil pemain muda yang berasal dari Prancis, Belgia, Brasil, Afrika atau Jerman untuk dibina. Supaya Bagus bisa gabung, Dennis Wise harus melobi dan meyakinkan FC Utrecht untuk memberikan kesempatan kepada pemain 19 tahun asal Magelang, Jawa Tengah, itu.

Awalnya Bagus di FC Utrecht hanya untuk menjalani pemulihan cedera pada pergelangan kaki kiri pada Maret lalu. Lantaran di Inggris belum ada kompetisi yang jalan saat itu, Dennis disebut Mirwan meminta tolong kepada rekannya di Belanda untuk membantu pemulihan Bagus.

"Berdasarkan itu mereka mau mengundang Bagus. Jangan harap ada klub-klub Eropa berburu pemain dari Indonesia. Banyak pemain dari Afrika, Brasil dan Argentina yang kualitasnya lebih dari pemain kita."

GIF Banner Promo Testimoni

"Dennis memberikan jaminan bahwa permainan Bagus bisa dikembangkan lagi ke depannya, makanya Utrecht mau memberikan kesempatan itu," ujar Mirwan.

Namun, langkah Bagus ke FC Utrecht tak berjalan mulus. Ia masih memiliki kontrak bersama Barito Putera sampai Oktober 2021. Hingga kini pihak Barito Putera belum memberi pernyataan terkait rencana FC Utrecht merekrut Bagus.

CNNIndonesia.com sudah mencoba menghubungi CEO Barito Putera Hasnuryadi Sulaiman maupun Direktur Pembinaan Usia Muda Barito Putera Mundari Karya, namun sampai saat ini belum mendapatkan respons.

Bagus dalam wawancara dengan CNNIndonesia.com juga mengaku sudah bertemu langsung dengan manajemen Barito Putera. Bagus mengaku telah minta izin manajemen dan meminta klub untuk memberi surat keluar yang diminta FC Utrecht. Bagus meyakini manajemen Barito akan segera memenuhi persyaratan tersebut.

FC Utrecht dikabarkan memberi waktu kepada Barito Putera hingga Jumat (27/11) untuk merespons minat mereka. Mirwan yang dikonfirmasi mengaku tidak tahu deadline tersebut, karena surat itu internal antara FC Utrecht ke Barito Putera.

"Saya tidak tahu [batasan waktu dari FC Utrecht]. Waktu Dennis Wise bilang sebaiknya ada pemain yang naik tingkat, kami tanya Bagus boleh tidak sama klubnya? Katanya bisa minta izin. Wakil kami bersama wakil keluarga juga sudah bicara ke sana [Barito Putera] dan bilang boleh. Maka Dennis Wise mencarikan Bagus klub berlatih. Setelah ada yang mau, klubnya kontak ke Barito. Jadi posisi kami hanya hanya membantu komunikasi saja, tidak lebih," ucap Mirwan.

(TTF/har)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK