Profil Ray Corona, Wasit Tyson vs Jones

CNN Indonesia | Sabtu, 28/11/2020 06:09 WIB
Wasit Ray Corona memiliki tugas berat untuk memastikan Mike Tyson dan Roy Jones Jr. tidak berusaha meraih kemenangan KO. Wasit Ray Corona (kiri). (AFP/Jayne Kamin-Oncea)
Jakarta, CNN Indonesia --

Duel Mike Tyson vs Roy Jones Jr. akan dipimpin wasit Ray Corona. Berikut profil wasit veteran asal Amerika Serikat tersebut.

Corona merupakan salah satu wasit tinju veteran asal California. Data Boxrec menunjukkan, Corona sudah aktif menjadi wasit tinju sejak 2000.

Total sudah 569 pertarungan tinju yang dipimpin Corona, dengan sebagian besar pertarungan digelar di California. Pertarungan besar terakhir yang dipimpin Corona adalah duel perebutan gelar juara dunia kelas menengah WBO antara Billy Joe Saunders vs Marcelo Esteban Coceres pada November 2019.


Corona memiliki tugas berat dalam memimpin duel Tyson vs Jones. Pasalnya, Corona harus memastikan kedua petinju yang penuh semangat untuk tidak saling menyakiti di atas ring.

GIF Banner Promo Testimoni

Direktur Eksekutif Komisi Atletik California (CSAC) Andy Foster meyakini Corona sosok wasit yang tepat untuk duel Tyson vs Jones. Corona, diyakini Foster, tidak akan membiarkan Tyson dan Jones saling menyakiti.

"Semua peraturan harus diikuti. Ini akan terlihat seperti pertarungan tinju. Duel ekshibisi seperti ini bisa terjadi. Saya bilang ke mereka, 'jika kamu terluka, pertarungan berakhir'. Kami punya alasan. Ray [Corona] tidak akan membiarkan petinju terluka. Dia paham ini hanya ekshibisi. Ini bukan pertarungan sesungguhnya," ujar Foster dikutip dari MMA Fighting.

[Gambas:Video CNN]

CSAC melarang Tyson vs Jones untuk berusaha meraih kemenangan KO. Peraturan lainnya adalah tidak ada pengumuman pemenang dari duel Tyson vs Jones. Namun pihak promotor Tyson vs Jones, Triller, mengklaim kedua petinju boleh mengincar kemenangan KO dan pemenang akan diumumkan.

"Mengetahui sejumlah rumor salah yang beredar, saya bakal coba menjelaskan. WBC bakal melakukan penghitungan angka. Bisa terjadi knockout (KO) dan bakal ada satu pemenang. Setiap orang yang mengatakan tidak ada penjurian dan tidak ada pemenang tidak memahami peraturan dan memiliki agenda sendiri," ujar co-owner Triller, Ryan Kavanaugh.

(har/nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK