Liverpool dan Aston Villa Meradang Gara-gara VAR

CNN Indonesia | Selasa, 01/12/2020 20:47 WIB
Liverpool dan Aston Villa meradang karena merasa dirugikan VAR yang dianggap telah merusak permainan sepak bola. Dua gol Liverpool saat kontra Brighton dianulir karena VAR. (AP/Neil Hall).
Jakarta, CNN Indonesia --

Liverpool dan Aston Villa meradang karena merasa dirugikan VAR dalam lanjutan Liga Inggris, akhir pekan lalu. VAR pun dianggap telah merusak sepak bola.

Ada tiga keputusan VAR yang membuat Liverpool gagal mendapat hasil maksimal kala melawat ke Brighton and Hove Albion.

Dua gol dari Mohamed Salah dan Sadio Mane dianulir setelah wasit mengecek tayangan VAR.


Yang paling menyakitkan adalah ketika Andrew Robertson dianggap menjatuhkan Danny Welbeck di kotak penalti pada menit-menit akhir. Lewat VAR, wasit menunjuk titik putih.

Banner gif video highlights MotoGP

Liverpool pun geram. Robertson mengatakan bahwa VAR telah gagal memberikan konsistensi kepada wasit untuk mengambil keputusan. Pascal Gross sukses mengeksekusi penalti dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1 yang bertahan hingga pertandingan bubar.

Kapten Jordan Henderson juga menyebut VAR tak berguna. Menurutnya sepak bola akan menjadi lebih baik lagi tanpa VAR.

"Menurut saya, saya lebih memilih tanpa VAR. Saya hanya ingin bermain sepak bola bola secara normal," kata Henderson.

West Ham's Jarrod Bowen, rigt, scores his side's second goal during the English Premier League soccer match between West Ham United and Aston Villa at the London stadium in London, England, Monday, Nov. 30, 2020. (Neil Hall/Pool Via AP)Aston Villa gagal menyamakan kedudukan 2-2 kala bertemu West Ham, usai gol mereka di menit akhir dibatalkan VAR. (AP/Neil Hall).

Aston Villa juga kesal bukan main dengan keputusan wasit melalui VAR saat kalah 1-2 dari West Ham. Pasalnya gol penyama kedudukan di menit akhir pertandingan dibatalkan usai wasit melihat VAR.

Kapten Aston Villa Jack Grealish menyebut VAR telah merusak sepak bola. Sebab keputusan VAR yang menyatakan tangan Ollie Watkins offside sebelum mencetak gol penyama kedudukan telah mengubah hasil akhir.

"Mengenai VAR, sekarang semakin memalukan dengan beberapa keputusan yang tidak tepat, telah merusak permainan sepak bola," ujarnya.

(osc/jal)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK