Bos Dorna Sebut Indonesia Pasar Penting Gelaran MotoGP

CNN Indonesia | Selasa, 01/12/2020 19:52 WIB
CEO Dorna Carmelo Ezpeleta menyebut Indonesia merupakan pasar penting bagi MotoGP karena sudah 23 tahun balapan motor elite dunia absen di Indonesia. Dorna menilai Indonesia merupakan pasar penting bagi MotoGP. (AP/Armando Franca).
Jakarta, CNN Indonesia --

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta menyebut Indonesia merupakan pasar penting bagi MotoGP. Apalagi sudah 23 tahun MotoGP absen balapan di Indonesia.

Saat ini Indonesia melalui Mandalika Grand Prix Association (MGPA) tengah mengebut penyelesaian Sirkuit Mandalika agar bisa digunakan di tahun depan. MotoGP Indonesia masuk dalam kalender musim 2021 dan akan menjadi venue cadangan.

"Indonesia adalah pasar yang penting untuk Grand Prix dan dukungan untuk agenda itu begitu kuat. Sudah 23 tahun sejak kami menyelenggarakan Grand Prix terakhir di Indonesia dan kami sangat bersemangat untuk kembali secepatnya," kata Ezpeleta dilansir dari MotoGP.com.


"Kami telah bekerja dengan tim di MGPA selama 4 tahun terakhir, mereka memberi kami kepercayaan dan proyek tersebut mendapat dukungan dari Presiden Indonesia yang kami terima pada Maret 2019 di Istana Bogor."

Ezpeleta menambahkan bahwa proyek sirkuit Mandalika harus fokus pada kontruksi trek, homologasi serta mesti dilakukan pengujian lebih dulu. Karena Mandalika akan berbeda dengan sirkuit negara lain, yakni akan menjadi jalanan umum ketika tak ada balapan MotoGP.

Meski begitu, dia mengakui jadwal MotoGP 2021 bisa berubah. Setidaknya Sirkuit Mandalika berpeluang menjadi trek utama di musim depan.

"Setelah kami memiliki gambaran yang lebih jelas, tentu saja tergantung pada konstruksi dan pengujian. Kami dapat mulai mendiskusikan kemungkinan tanggal untuk Grand Prix pada tahun 2021," tambahnya.

Banner gif video highlights MotoGP

Sementara itu CEO MGPA, Ricky Baheramsjah mengatakan pihaknya senang dengan perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika. Terutama pada pembangunan fasilitas-fasilitas dan infrastruktur di luar sirkuit.

"Kami harus fokus sekarang pada pembangunan dan berharap bahwa kami akan segera mengakhiri pandemi global karena kami benar-benar ingin penggemar MotoGP di Indonesia dan internasional bisa menyaksikan di Mandalika," katanya.

Dia lebih lanjut menjelaskan terkait Mandalika menjadi venue cadangan bersama Portugal dan Rusia. Menurutnya hal tersebut wajar bagi sirkuit yang masih dalam tahap pembangunan.

"Niat Dorna dan MGPA untuk balapan di Indonesia pada 2021 sudah pasti ada. Setelah situasinya menjadi lebih jelas di awal 2021, jadwal balapan akhir pekan MotoGP akan dapat disepakati dengan Dorna tunduk pada ketentuan yang telah disebutkan," ujarnya.

(osc/jal)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK