ANALISIS

Mimpi Nyaris Mustahil Dos Anjos Balas Dendam ke Khabib di UFC

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Sabtu, 05/12/2020 19:08 WIB
Rafael Dos Anjos punya niat balas dendam pada Khabib Nurmagomedov di UFC namun ia bakal sulit menuntaskan dendam tersebut. Rafael dos Anjos mengklaim sebagai salah satu petarung yang nyaris membuat Khabib menyerah. (AFP/Christian Petersen)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rafael Dos Anjos masuk dalam daftar orang-orang yang ingin balas dendam pada Khabib Nurmagomedov di UFC. Namun mimpi itu terbilang nyaris mustahil untuk terwujud dengan situasi saat ini.

Dos Anjos mengklaim bahwa ia hampir membuat Khabib menyerah di duel kedua petarung pada 2014 lalu. Saat itu Dos Anjos sudah mengunci Khabib namun kesalahan yang dilakukannya membuat Khabib berhasil lepas dari kuncian.

Kegagalan itu jadi salah satu hal yang disesali oleh Dos Anjos karena ia akhirnya kalah angka mutlak dalam pertarungan tiga ronde tersebut. Dos Anjos berharap bisa mendapatkan duel untuk kembali adu skill melawan Khabib yang tak terkalahkan hingga saat ini di arena UFC.


Dos Anjos sempat berharap membuka jalan untuk melawan Khabib dengan menaklukkan Islam Makhachev di 14 November lalu, namun Makhachev mundur karena cedera. Ia akhirnya menghadapi Paul Felder dan menang angka mutlak.

Mimpi untuk kembali bertemu Khabib saat ini masih dipegang oleh Dos Anjos. Namun sulit bagi Dos Anjos untuk mewujudkan hal itu lantaran situasi rumit yang harus ia hadapi.

Saat ini Dos Anjos ada di peringkat keenam dalam daftar ranking kelas ringan. Di atas Dos Anjos, masih banyak petarung yang antre untuk bisa punya kesempatan untuk melawan Khabib.

Di luar Justin Gaethje, Dustin Poirier, dan Conor McGregor yang sudah jadi korban Khabib, masih ada Tony Ferguson yang belum pernah merasakan duel lawan Khabib. Karena itu nilai jual Ferguson vs Khabib pasti masih tinggi.

PHOENIX, AZ - DECEMBER 13: Rafael dos Anjos celebrates his victory by unanimous decision over Nate Diaz (not pictured) in their heavyweight bout during the UFC Fight Night event at the at U.S. Airways Center on December 13, 2014 in Phoenix, Arizona.   Christian Petersen/Getty Images/AFPRafael dos Anjos berharap bisa punya kesempatan balas dendam pada Khabib. (AFP/Christian Petersen)

Dos Anjos butuh minimal dua pertarungan lagi untuk bisa berdiri di posisi papan atas agar bisa dipilih dalam pertarungan perebutan gelar juara.

Dengan usia Dos Anjos sudah memasuki 36 tahun, ia harus berburu waktu di tahun depan untuk bisa menemukan jalan bertemu dengan Khabib.

Kemenangan di dua laga berikutnya pun tidak menjamin Dos Anjos bisa berjumpa Khabib. Dos Anjos mungkin bisa mendapatkan duel perebutan gelar andai merebut 2-3 kemenangan beruntun di depan, namun belum tentu lawan yang dihadapi Dos Anjos adalah Khabib Nurmagomedov.

Khabib saat ini sudah menyatakan pensiun namun masih berstatus sebagai juara kelas ringan hanya karena Bos UFC Dana White meyakini Khabib bakal kembali bertarung di octagon. Khabib bahkan sudah menetapkan garis ilusi yaitu bersedia bertarung dengan bayaran US$100 juta, sesuatu yang juga hampir mustahil dipenuhi oleh UFC.

Andai Khabib kembali, ia juga diyakini tidak akan menjalani banyak pertarungan. Asumsi paling kuat hanya satu pertarungan untuk menggenapkan rekor menjadi 30-0. Karena itu Dos Anjos hampir mustahil dipilih jadi lawan Khabib bila pertarungan ke-30 Khabib digelar di tahun depan.

FILE - In this Oct. 6, 2018, file photo, Khabib Nurmagomedov is held back outside of the cage after fighting Conor McGregor in a lightweight title mixed martial arts bout at UFC 229 in Las Vegas. Nurmagomedov has not fought in the 11 months since he punctuated his star-making victory over McGregor at UFC 229 in Las Vegas by scaling the fence and jumping into the crowd to fight McGregor’s entourage. (AP Photo/John Locher, File)Banyak petarung yang penasaran ingin menghadapi Khabib Nurmagomedov. ( AP Photo/John Locher)

Catatan lain yang membuat mimpi Dos Anjos makin sulit adalah Khabib tidak pernah melakukan rematch menghadapi lawan-lawan yang ditaklukkannya. Khabib lebih senang memilih tantangan baru dibandingkan menghadapi lawan yang sudah pernah takluk olehnya.

Dari segi popularitas dan nilai jual, nama Dos Anjos pun kalah tenar dari beberapa nama calon lawan Khabib bila 'Sang Elang' bersedia kembali. Nama Georges St-Pierre tentu ada di urutan teratas, disusul sosok macam Tony Ferguson.

GIF Banner Promo TestimoniFoto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi
GIF Banner Promo Testimoni

Bahkan bila menimbang laga rematch, jelas rematch McGregor vs Khabib yang bakal dibidik oleh UFC lantaran punya nilai jual yang besar.

Situasi-situasi itu membuat Dos Anjos bakal kesulitan untuk mewujudkan mimpinya untuk balas dendam pada Khabib.

Hal terbaik yang bisa dilakukan oleh Dos Anjos adalah memenangkan 2-3 laga berikutnya sambil berharap bisa mendapatkan duel perebutan gelar sebelum pensiun. Dengan demikian, Dos Anjos bisa merawat mimpi jadi juara kelas ringan sebelum meninggalkan arena UFC, meski tanpa menghadapi Khabib.

(ptr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK