Atlet 17 Cabor dan NPC Jadi Prioritas Penerima Vaksin

CNN Indonesia | Rabu, 13/01/2021 14:46 WIB
Sebanyak 1.500 atlet, pelatih, dan tenaga pendukung di 17 cabang olahraga serta NPC menjadi prioritas penerima vaksin Sinovac dari bidang olahraga. Ilustrasi atlet Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 1.500 atlet, pelatih, dan tenaga pendukung di 17 cabang olahraga (cabor) serta National Paralympic Committee (NPC) menjadi prioritas penerima vaksin Sinovac dari bidang olahraga.

Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto mengaku sudah mengirim surat kepada 17 cabor dan NPC untuk meminta kelengkapan data atlet, pelatih dan tenaga pendukung pada Selasa (12/1).

Kemenpora meminta kelengkapan data penerima vaksin Sinovac sudah bisa terpenuhi paling lambat Kamis (14/1) pukul 12.00 WIB.


Sebanyak 17 cabor yang dimaksud yakni angkat besi (PABSI), Tenis (PELTI), Catur (PERCASI), Pencak Silat (IPSI), Senam (PERSANI), karate (FORKI), panahan (PERPANI), taekwondo (TI), Renang (PRSI), bulutangkis (PBSI), Voli (PBVSI), Boling (PBI), selancar ombak (PSOI), wushu (PBWI), menembak (PERBAKIN), dayung (PODSI) dan judo (PJSI).

GIF Banner Promo Testimoni

"Tadi malam saya sudah tanda tangani surat yang dikirimkan ke 17 pimpinan cabor dan NPC untuk permintaan data mulai dari cabor, nama, alamat, nomor handphone," kata Gatot kepada CNNIndonesia.com, Rabu (13/1).

Gatot belum bisa memastikan waktu penyuntikan vaksin covid-19 untuk bidang olahraga. Data dari 17 cabor dan NPC akan diserahkan ke Kementerian Kesehatan untuk pengaturan waktu vaksinasi.

[Gambas:Video CNN]

Dokter Bayu Rahadian selaku Asisten Deputi Pengelolaan Pembinaan Sentra dan SKO Kemenpora ditunjuk sebagai koordinator pemberian vaksin untuk atlet dari Kemenpora.

"Kami sendiri tidak tahu waktu vaksinnya, yang penting data masuk dulu, nanti Kemenkes yang atur waktunya karena Kemenkes bagian dari PEN [Pemulihan Ekonomi Nasional. Kalau data sudah masuk tinggal kami tunggu informasi kapan mereka akan divaksin," ucap Gatot.

Kemenpora, dikatakan Gatot, sadar prioritas utama penerima vaksin saat ini adalah Tenaga Kesehatan (Nakes). Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi), beberapa menteri, dan tokoh masyarakat sudah lebih dulu menerima vaksin Sinovac di Istana Negara, Rabu (13/1).

"Saat ini yang diutamakan atlet yang dipersiapkan mengikuti Olimpiade, Paralimpiade, SEA Games, ASEAN Para Games dan sejumlah event lain. Atlet lain juga penting, kapannya saja itu yang bertahap sesuai janji presiden semua gratis," ujar Gatot.

(TTF/har)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK