ANALISIS

Sim Sala Bim, Man City di Puncak Liga Inggris

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Selasa, 19/01/2021 08:29 WIB
Manchester City berpotensi memberikan kejutan bagi manchester United dan Liverpool dalam perebutan gelar juara Liga Inggris. Manchester City bakal ubah peta persaingan Liga Inggris. (AP/Peter Powell)
Jakarta, CNN Indonesia --

Manchester City diam-diam memanfaatkan momentum persaingan Liverpool dengan Manchester United yang tengah mengejar gelar juara Liga Inggris musim ini.

Entah disadari atau tidak oleh Man United dan Liverpool, Man City ini seperti jadi penyusup yang tiba-tiba bisa memberikan kerugian bagi mereka.

Ketika Man Utd dan Liverpool berjibaku dengan hasil akhir imbang 0-0 di Anfield pada pekan ke-18 Premier League, Man City justru menang besar 4-0 atas Crystal Palace.


Yang mengejutkan bukan hasil lawan Palace, tetapi posisi Man City yang kini nangkring di peringkat kedua klasemen menggeser Liverpool karena kemenangan telak itu.

Sejak pekan lalu, Liverpool di peringkat kedua klasemen karena kalah 0-1 dari Southampton, sementara MU menang 1-0 atas Burnley. Tetapi kini, Liverpool terjun ke posisi keempat.

Capaian itu membuka potensi The Citizens ke dalam persaingan gelar juara Premier League 2020/2021 yang dalam beberapa pekan terakhir berkutat pada Liverpool dan Man United semata.

Dalam beberapa matchday belakangan, Man City nyaris tidak terdengar geliatnya. Selain dilingkupi masalah inkonsistensi, Man City juga mengalami penundaan pertandingan karena imbas pandemi virus corona atau Covid-19.

[Gambas:Video CNN]

Akan tetapi, usai situasi tersebut penampilan tim asuhan Pep Guardiola itu justru menggebrak. Setelah diimbangi West Bromwich Albion 0-0 pada pekan ke-13, Man City selalu meraih kemenangan dalam lima pertandingan berikutnya.

Total 15 poin yang diraih Kevin de Bruyne dan kawan-kawan dalam lima pertandingan membuat mereka merangkak ke posisi kedua klasemen sementara setelah sebelumnya dua pekan bercokol di peringkat sembilan.

MU dan Liverpool patut waspada dengan pergerakan senyap Man City tersebut. Terutama bagi The Reds yang saat ini tergusur ke peringkat keempat klasemen usai imbang 0-0 dengan Man United dan Man City menang 4-0 atas Palace.

GIF Banner Promo Testimoni

Posisi klasemen saat ini layak jadi alarm bagi MU dan Liverpool. Bukan saja karena performa apik Man City, tetapi juga karena Manchester Biru itu masih memiliki tabungan dua pertandingan.

Man City belum melakoni pertandingan pekan pertama melawan Aston Villa dan laga pekan ke-16 lawan Everton karena Covid-19. Laga tunda melawan Aston Villa rencananya digelar pada Kamis (21/1) dini hari waktu Indonesia. Sedangkan melawan Everton belum diketahui jadwal terbarunya.

Apabila Man City bisa menang dalam dua laga yang ditunda itu, maka rival sekota MU tersebut bisa di puncak klasemen dengan 41 poin atau unggul 4 poin atas Setan Merah.

Bahkan, sebelum Man City melakoni dua laga tunda itu, mereka sudah bisa di posisi teratas klasemen Premier League musim ini dalam dua pekan ke depan.

Peluang juara Liga Inggris enam kali itu ke puncak klasemen untuk kali pertama di musim ini terbuka lebar melihat lawan-lawan yang akan dihadapi pada pertandingan-pertandingan berikutnya.

Jalan Mulus Man City

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK