Ketua Panitia Olimpiade Tokyo 2020 Yoshiro Mori Mundur

jun, CNN Indonesia | Jumat, 12/02/2021 18:48 WIB
Ketua Panitia Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 Yoshiro Mori resmi mengundurkan diri menyusul pernyataan bernada seksisme terhadap perempuan. Yoshiro Mori (tengah) mundur dari jabatan Ketua Panitia Olimpiade Tokyo 2020. (AP/Kim Kyung-hoon)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Panitia Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 Yoshiro Mori resmi mengundurkan diri menyusul pernyataan bernada seksisme terhadap perempuan.

Mori mengumumkan mundur dari jabatan pada pertemuan antara Panitia Penyelenggara Olimpiade dengan anggota Dewan dan Dewan Eksekutif di Tokyo, Jumat (12/2).

"Hari ini Panitia Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 menggelar pertemuan dengan anggota Dewan dan Dewan Eksekutif, di mana Presiden Mori mengumumkan pengunduran dirinya," demikian keterangan resmi panitia Olimpiade Tokyo.


Penyelenggara meminta masyarakat dan para negara kontestan tidak khawatir dengan keputusan Mori. Mereka memastikan akan mencari pengganti dengan cepat dan transparan.

"Kami juga akan mempertimbangkan pengambilan tindakan khusus berdasarkan opini dan rekomendasi yang disuarakan pada pertemuan hari ini. Kami juga bisa menggunakan kesempatan ini untuk lebi mempromosikan kesetaraan gender di kalangan masyarakat."

Sebelumnya, CNN melaporkan Mori mengeluarkan pernyataan kontroversial yang menyindir perempuan. Menurutnya, keterlibatan banyak perempuan bisa memakan waktu karena semua akan meminta kesempatan berbicara.

[Gambas:Video CNN]

"Jika Anda ingin meningkatkan keanggotaan perempuan, Anda akan mendapat masalah kecuali jika Anda menetapkan batas waktu," ucap Mori.

Olimpade Tokyo 2020 sejatinya dilaksanakan pada Juli-Agustus 2020 namun terpaksa ditunda selama setahun akibat pandemi corona yang mulai melanda dunia sejak Maret 2020.

(jun/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK