Keluhan-keluhan Shin Tae Yong Soal Pemain Indonesia

CNN Indonesia | Selasa, 13/04/2021 13:41 WIB
Shin Tae Yong memiliki cukup banyak keluhan terkait pemain-pemain Indonesia selama bertugas menangani Timnas Indonesia. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong beberapa kali mengeluhkan soal para pemain Indonesia. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Shin Tae Yong memiliki cukup banyak keluhan terkait pemain-pemain Indonesia selama bertugas menangani Timnas Indonesia.

Shin Tae Yong baru-baru ini mengemukakan kebiasaan pemain-pemain Indonesia yang betah berlama-lama ketika bersiap menjelang latihan. Mantan pelatih timnas Korsel itu menilai perilaku ini berbeda dengan pemain-pemain dari negara asalnya.

Shin Tae Yong mengaku para pemain Indonesia butuh 15 menit untuk mempersiapkan diri sebelum menjalani latihan.


"Kata yang selalu saya ucapkan di Indonesia adalah 'cepat'. Di Korea persiapan latihan membutuhkan waktu tiga menit, sedangkan di Indonesia persiapan latihan membutuhkan waktu 15 menit. Ini sangat lambat, bisa membuat orang jadi gila," ucapnya seperti dikutip dari Sports-G ketika bertemu dengan Asnawi Mangkualam yang bermain di klub K-League 2, Ansan Greeners.

Sebelum keluhan itu, Shin Tae Yong juga pernah menyoroti pola makan para pemain Timnas Indonesia pada Oktober 2020 lalu. Pelatih berusia 51 itu mengatakan pola makan para pemain kurang baik sehingga berpengaruh ke otot.

Shin Tae Yong memang memberikan larangan keras kepada para pemain. Ia melarang para pemain yang bergabung di Timnas Indonesia mengonsumsi makanan yang digoreng dan pedas.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

"Dari awal memang makannya pemain kurang baik dan teratur sehingga saat ini otot mereka sangat kurang. Sekarang kita beri asupan yang baik," ucap Shin Tae Yong saat itu.

Selain itu, Shin Tae Yong juga pernah menyentil kemampuan fisik para pemain tim Garuda. Ia mengatakan para pemain Timnas Indonesia hanya kuat bermain selama 20 menit.

Pengamatan Shin Tae Yong soal ketahanan fisik para pemain Indonesia ini jauh dari kata ideal. Para pemain Indonesia kerap disebut tak kuat bermain selama 90 menit sehingga Shin Tae Yong sempat memberi menu latihan fisik ketika menangani Timnas Indonesia U-19 beberapa waktu lalu.

"Secara fisik sangat kurang. Setelah menit ke-20, para pemain terlihat kelelahan," ujarnya pada Maret 2020 lalu.

[Gambas:Video CNN]

(jal/nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK