ANALISIS

Setahun PSSI Tanpa Sekjen Definitif

CNN Indonesia | Selasa, 13/04/2021 11:48 WIB
Hari ini genap setahun PSSI tak punya Sekretaris Jenderal definitif sejak Ratu Tisha Destria memutuskan mundur pada 13 April 2020. Ratu Tisha Destria sudah satu tahun mundur dari posisi Sekjen PSSI. (CNN Indonesia/Mundri Winanto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hari ini genap setahun PSSI tak punya Sekretaris Jenderal (Sekjen) definitif. Sejak Ratu Tisha Destria mundur pada 13 April 2020, PSSI belum menjalankan amanah Statuta PSSI untuk menyeleksi calon Sekjen secara terbuka.

Berdasarkan Bab VIII Pasal 61 ayat 2 di dalam revisi statuta PSSI yang disahkan pada 27 Juli 2019 saat Kongres PSSI di Hotel Mercure, Jakarta, Sekjen PSSI harus memenuhi kriteria dan kualifikasi profesional.

"Sekretaris Jenderal harus ditunjuk berdasarkan perjanjian yang diatur oleh hukum privat dan harus memenuhi kriteria dan kualifikasi profesional yang dapat dibuktikan dengan proses seleksi yang transparan dan akuntabel." Begitu bunyi pasal tersebut.


Setelah Tisha mundur, tepatnya pada 20 April 2020, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menunjuk Yunus Nusi menjadi pelaksana tugas (Plt). Walau dikritik publik karena Yunus merupakan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI dan Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Kalimantan Timur, Iriawan bergeming.

Lelaki yang biasa disapa Iwan Bule itu mengatakan, bakal mencari Sekjen setelah Piala Dunia U-20 2021. Sayangnya, meski Piala Dunia U-20 2021 resmi dinyatakan batal oleh AFC pada Desember 2020, Iriawan tak kunjung membuka proses seleksi seperti diamanatkan statuta.

[Gambas:Video CNN]

Pengamat sepak bola nasional, Tommy Welly mengatakan, PSSI hanya mengedepankan status quo. Menurutnya, tak ada organisasi di seluruh dunia, apalagi federasi sepak bola, yang jabatan administratifnya diisi sosok sementara selama satu tahun.

"Padahal, kan, sudah jelas-jelas melanggar statuta dengan yang menjabat Plt yang sekarang. Karena dia Exco, fungsi dan tugas Exco kan berbeda dengan Sekjen. Itu satu. Kedua, dia juga masih menjabat sebagai ketua PSSI Kalimantan Timur. Di statuta jelas-jelas dikatakan Sekjen tidak boleh menjadi bagian atau menjabat sebagai delegate," kata Tommy.

Haruna Soemitro, anggota Exco PSSI mengatakan, Sekjen PSSI (definitif) akan disahkan dalam Kongres PSSI 2021. Rencananya, Kongres PSSI tahun ini akan berlangsung pada 29 Mei. Tanggal ini ditetapkan dalam rapat Exco PSSI pada 27 Januari 2021.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Menurut Haruna, proses pencarian Sekjen tak rumit. Yunus yang telah menjadi Plt Sekjen hampir setahun dianggap sebagai bagian dari proses seleksi. Bahkan, ini dianggapnya sebagai proses terbuka sebagaimana diamanatkan Statuta PSSI.

"Masak sih rumit gitu? Menetapkan pak Yunus (Nusi) jadi Sekjen definitif kan sama saja sudah seleksi terbuka selama 1 tahun? Pokoknya saya vote pak Yunus untuk ditetapkan sebagai Sekjen definitif," kata Haruna melalui pesan singkat kepada CNN Indonesia pada Senin (12/4).

Anggota Exco PSSI lainnya, Hasani Abdulgani menganggap situasi dan kondisi saat ini belum mendesak untuk pencarian sosok Sekjen PSSI. Ia mengakui, secara organisasi tidak elok ada Plt Sekjen sampai satu tahun, tetapi secara pribadi jika organisasi tetap berjalan bukan sebuah masalah.

"Kalau di dalam Statuta PSSI memang tidak disebutkan berapa lama. Durasi tidak disebutkan. Hanya selama diperlukan. Tapi, saya melihat dari angle yang berbeda. Karena situasi kan tidak normal sekarang dalam kondisi pandemi, sepak bola kan tidak jalan," Hasani menjelaskan.

Rapor Yunus Nusi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK