Indonesia Gelar FIBA Asia Cup 2021 di Masa Pandemi

CNN Indonesia | Selasa, 13/04/2021 19:38 WIB
Indonesia ingin membuktikan diri kepada publik internasional sebagai tuan rumah yang baik untuk FIFA Asia Cup 2021, Agustus mendatang. Indonesia gelar FIBA Asia Cup 2021 pada Agustus mendatang. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia --

FIBA Asia Cup 2021 atau Kejuaraan Basket Asia akan jadi pembuktian Indonesia kepada internasional. Indonesia ingin jadi tuan rumah yang baik meski di masa pandemi Covid-19.

Kejuaraan basket se-Asia itu rencananya digelar di Istora Senayan, Jakarta, 17-29 Agustus 2021 mendatang. Turnamen itu bakal menjadi event olahraga internasional pertama di Indonesia di masa pandemi covid-19.

"Lewat FIBA Asia Cup ini kami ingin bisa meyakinkan publik domestik dan internasional bahwa di suasana pandemi, Indonesia bisa jadi tuan rumah yang baik selama protokol kesehatan diterapkan secara ketat," kata Sesmenpora Gatot S Dewa Broto dalam konferensi pers, Selasa (13/4).


Setelah FIBA Asia Cup 2021, Indonesia juga dijadwalkan untuk menjadi tuan rumah event olahrga lain dalam waktu mendatang.

Bersamaan dengan Kejuaraan Basket Asia, ada juga Final FEI Jumping World Challange 2021 pada September mendatang.

Tak hanya itu, pada 2023 Indonesia juga mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah FIBA World Cup atau Piala Dunia Basket serta FIFA World Cup atau Piala Dunia U-20.

"FIBA Asia Cup ini juga sebagai bisa jadi momentum promosi Indonesia untuk kampanye menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Bukan artinya pasti, tapi sukses FIBA Asia bisa jadi kredit poin buat Indonesia," imbuh Gatot.

[Gambas:Video CNN]

Sementara itu, Chairman FIBA Asia Cup, Junas Miradiarsyah mengatakan ini kali pertama setelah 28 tahun Indonesia menggelar kejuaraan basket level Asia. Terakhir pada 1993, Jakarta pernah menjadi tuan rumah Asian Basketball Confederation Championship.

"Ini kejuaraan internasional bagi Indonesia pertama di tahun ini di tengah pandemi. Ini sebuah tantangan, sekaligus peluang bagi kami sebagai pihak penyelenggara untuk menggelar FIBA Asia Cup 2021 dengan sukses dan memenuhi harapan dari negara-negara anggota FIBA Asia," ujar Junas.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

"Kami percaya apa pun situasi di pandemi ini, kami masih punya kesempatan. Kami berharap FIBA Asia Cup bisa jadi inspirasi buat kita semua, bahwa basket di Indonesia bisa lebih baik dari sebelumnya. Ini jadi momentum perjalanan buat kami jadi tuan rumah FIBA World Cup 2023, basket jadi pionir event olahraga di masa pandemi," ungkapnya menjelaskan.

Di sisi lain, Hagop Kharijian selaku Direktur Eksekutif FIBA Asia memastikan apa pun yang terjadi Kejuaraan Basket Asia di Indonesia akan tetap jalan di Agustus mendatang. Terlebih FIBA maupun IOC melalui Komisi Medis sudah memberikan panduan khusus terkait protokol kesehatan yang harus diterapkan.

"Semoga ke depan kondisi pandemi Covid-19 bisa lebih baik sehingga semua pemain dari 16 delegasi negara peserta bisa tampil dengan baik. Saya meminta jika memungkinkan kepada peserta dari 16 delegasi untuk melakukan vaksin melalui federasi masing-masing," tutur Kharijian.

(TTF/jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK