Semifinalis Piala Menpora Adaptasi Tanding Usai Buka Puasa

jun, CNN Indonesia | Selasa, 13/04/2021 22:55 WIB
Tim semifinalis Piala Menpora 2021 membuat program khusus untuk beradaptasi dengan jadwal pertandingan mepet usai berbuka puasa. Semifinal Piala Menpora 2021 digelar tak lama sesudah buka puasa. (Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tim semifinalis Piala Menpora 2021 membuat program khusus untuk beradaptasi dengan jadwal pertandingan yang mepet usai berbuka puasa.

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts misalnya, menyebut para pemainnya perlu beradaptasi dengan situasi terkini. Awal puasa saat Ramadan tetap memberi efek yang berbeda dalam dinamika sepak bola.

"Dimulainya Ramadan tentu akan menyulitkan bagi pemain dan harus menyesuaikan pada pekan pertama puasa. Jadi, saya pikir situasinya kami juga harus sangat berhati-hati dengan kesehatan pemain," kata Alberts.


Untuk babak semifinal, pelatih asal Belanda ini akan membawa semua pemain ke Sleman dan Solo. Tak hanya 28 pemain yang didaftarkan, staf pelatih yang masih berada di Bandung juga akan bergabung.

"Kami akan melakukan yang terbaik untuk memastikan pemain yang berpuasa tetap dalam kondisi terbaik, karena waktunya pendek antara buka puasa dengan dimulainya laga. Cuacanya juga kini sedang panas," ucap Alberts.

Bagi PSS, yang akan tampil di rumah pada leg pertama Piala Menpora 2021, tak ingin menyia-nyiakan kesempatan. Tim asuhan Dejan Antonic ini tak akan mendapat latihan fisik lagi, melainkan hanya sesi taktik.

Ini dilakukan Antonic dan para staf pelatih untuk menjaga kebugaran pemain jelang melawan Persib pada Jumat (16/4). Apalagi, untuk mengalahkan Persib dibutuhkan taktik jitu, tak hanya kekuatan fisik.

Pelatih sementara PSM, Syamsudin Batolla, juga telah membuat program khusus untuk babak semifinal yang berlangsung dalam puasa Ramadan. Menjelang laga ini, hanya Hasyim Kipuw yang kondisinya tak prima.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

"Besok kami latihan resmi pada malam hari. Dimulai dari situ saya akan memulai adaptasi latihan untuk bulan puasa selama pertandingan. Saya pikir tidak ada masalah karena sudah biasa," kata Syamsudin.

Sementara itu, Persija tentu bertekad membalas dendam kepada PSM. Pada pertemuan babak grup, Persija takluk 0-2. Saat itu pelatih Persija, Sudirman, dianggap tak punya strategi permainan yang terkonsep.

Faktanya, grafik permainan Macan Kemayoran meningkat. Mesin tempur Persija yang kedinginan pada laga pertama fase grup, kini sudah panas dan siap melibas lawan-lawannya.

[Gambas:Video CNN]

(abd/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK