7 Rekor Catur Paling Menakjubkan

CNN Indonesia | Rabu, 14/04/2021 01:34 WIB
Tujuh rekor catur paling menakjubkan yang pernah terukir dalam sejarah. Grand Master Magnus Carlsen memegang rekor Elo rating tertinggi di dunia. (Foto: Tangkapan layar instagram @magnus_carlsen)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertandingan catur internasional telah memecahkan beberapa rekor dunia yang mampu bertahan selama beberapa dekade atau bahkan bertahan selama berabad-abad. Dilansir dari chess.com, berikut tujuh rekor catur paling menakjubkan yang pernah terukir dalam sejarah.

1. Rekor Kemenangan Terpanjang

Juara dunia catur Bobby Fisher memegang rekor kemenangan beruntun terpanjang dalam sejarah. Bobby Fisher mencatatkan rekor kemenangan dalam 20 pertandingan secara berturut-turut.


Dia memulai catatan impresifnya dalam turnamen di Palma de Mallorca Interzonal tahun 1970 dengan memenangkan tujuh pertandingan berturut-turut.

Kemudian, dia menambah 12 kemenangan lagi di 1971 dengan menang 6-0 masing-masing atas Mark Taimanov dan Bent Larsen.

Lalu, ia mencatatkan kemenangan ke-20 dengan mengalahkan Tigran Petrosian di game pertama. Dan, rekornya terhenti setelah kalah dari Tigran Petrosian pada game kedua.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

2. Rekor Tak Terkalahkan Terpanjang

Rekor tak terkalahkan terpanjang dipegang oleh juara dunia Magnus Carlsen. Grand Master catur asal Norwegia itu tidak terkalahkan selama 125 pertandingan.

Sejak kalah dari GM Shakhriyar Mamedyarov di Biel pada 31 Juli 2018, Magnus Carlsen tak terkalahkan hingga 9 Oktober 2020 saat rekor tak terkalahkannya dihentikan Jan-Krzysztof Duda.

3. Pemegang Gelar Juara Dunia Terlama

Emanuel Lasker menjadi juara dunia saat mengalahkan Wilhelm Steinitz pada tahun 1894. Ia mempertahankan gelarnya hingga dikalahkan oleh Jose Raul Capablanaca pada tahun 1921 atau 27 tahun kemudian.

Ia terus bermain dan tampil di turnamen catur elit hingga tahun 1930-an. Seringkali dicatat bahwa rekor Lasker ini diperpanjang karena intervensi Perang Dunia I yang kerap menunda kejuaraan dunia.

4. Elo Tertinggi

Grand Master Magnus Carlsen memegang Elo rating tertinggi dalam daftar FIDE yaitu 2882. Rekor ini diraihnya pada Mei 2014. Bahkan, secara tidak resmi, Elo rating Magnus Carlsen sebenarnya adalah 2889.

Sejauh ini hanya terdapat 12 pecatur yang mampu mencapai Elo 2800. Dan, Carlsen menjadi satu-satunya pecatur yang mendekati Elo 2900.

5. Peraih Grand Master Termuda

Sergey Karjakin menjadi pecatur paling muda yang meraih gelar Grand Master. Karjakin memperoleh gelar tertinggi dalam dunia catur itu saat masih berusia 12 tahun 7 bulan.

Karjakin berhasil menggeser rekor Bobby Fischer dan Judit Polgar sebagai pecatur termuda yang meraih gelar Grand Master. Bobby Fishcher sebelumnya memegang rekor tersebut saat menjadi Grand Master pada usia 15 tahun, 6 bulan, 1 hari pada tahun 1958.

Kemudian rekor tersebut dikalahkan pecatur terbaik wanita Judit Polgar yang meraih gelar Grand Master pada usia 15 tahun, 4 bulan, 28 hari pada tahun 1991.

6. Lawan Terbanyak

Grand Master Ehsan Ghaem Maghami berhasil memecahkan rekor dunia dalam permainan catur dengan lawan terbanyak. Juara Iran Sembilan kali itu menghadapi 604 lawan secara serentak.

Dari pertandingan itu, Ehsan Ghaem Maghami memenangkan 580 pertandingan, imbang 16, dan menelan delapan kekalahan. Ehsan Ghaem Maghami mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang Susan Polgar yang menghadapi 326 lawan dan Jose Raul Capablanca yang bermain melawan 103 pecatur secara serentak.

Biasanya permainan catur simultan ini dimainkan dengan lawan duduk dalam satu barisan atau lingkaran dan sang master melingkari para lawan dan menghampiri setiap lawan untuk melakukan gerakan.

7. Lawan Terbanyak dengan Mata Tertutup

Grand Master Timur Gareyev memecahkan rekor dunia dengan menghadapi 48 sekaligus lewat permainan catur dengan mata tertutup atau blindfold chess. Timur Gareyev menciptakan rekor baru ini pada 3-4 Desember 2016.

Dalam pertandingan ini, Timur Gareyev berhasil meraih 35 kemenangan, tujuh seri, dan enam kekalahan. Timur Gareyev mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang Marc Lang dengan 46 lawan pada 2011 dan Miguel Najdorf dengan menghadapi 45 pecatur.

[Gambas:Video CNN]



(rhr/rhr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK